Rusia Hendak Kerahkan Senjata Nuklir ke Luar Angkasa, AS Ketakutan

Kamis, 15 Februari 2024 - 08:34 WIB
loading...
Rusia Hendak Kerahkan Senjata Nuklir ke Luar Angkasa, AS Ketakutan
Komite Intelijen DPR Amerika Serikat menyuarakan ketakutan Washington terkait rencana Rusia mengerahkan senjata nuklir ke luar angkasa. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah menyuarakan ketakutannya terkait rencana Rusia untuk mengerahkan senjata nuklir ke luar angkasa.

Ketua Komite Intelijen DPR Amerika, Mike Turner, telah meminta pemerintahan Joe Biden untuk mendeklasifikasi informasi tentang apa yang disebutnya sebagai “ancaman keamanan nasional yang serius”, yang berkaitan dengan niat Moskow tersebut.

Dalam pernyataannya, Turner, enggan memberikan rincian tentang ancaman keamanan tersebut.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Rabu, Penasihat Keamanan Nasional, Jake Sullivan, menyatakan keterkejutannya atas pernyataan Turner yang mengatakan bahwa dia akan bertemu dengan “geng delapan” (pemimpin kongres dengan izin keamanan khusus untuk pengarahan rahasia) pada hari Kamis (15/2/2024).



Namun Sullivan tidak merinci rencana pertemuan tersebut.

ABC News dan New York Times mengutip sumber pemerintah AS—yang tidak disebutkan namanya—yang mengatakan bahwa ancaman keamanan yang dimaksud Turner melibatkan potensi penempatan senjata nuklir anti-satelit Rusia di luar angkasa.

New York Times melaporkan bahwa sekutu AS juga telah diberi pengarahan mengenai intelijen tersebut, yang dianggap tidak mewakili ancaman mendesak, karena dugaan kemampuan Rusia itu masih dalam pengembangan.

Tidak jelas apakah peringatan intelijen baru ini terkait dengan peluncuran roket Soyuz yang dilakukan Rusia pada tanggal 9 Februari yang membawa muatan rahasia Kementerian Pertahanan Rusia.

“Rusia telah melakukan beberapa eksperimen dengan manuver satelit yang mungkin dirancang untuk menyabotase satelit lain,” kata Hans Kristensen, direktur proyek informasi nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika, seperti dikutip The Guardian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)