Serangan Racun Novichok, Polisi Inggris Kantongi Lebih dari 400 Bukti

Minggu, 15 Juli 2018 - 08:03 WIB
Serangan Racun Novichok, Polisi Inggris Kantongi Lebih dari 400 Bukti
Serangan Racun Novichok, Polisi Inggris Kantongi Lebih dari 400 Bukti
A A A
LONDON - Para penyelidik Kepolisian Metropolitan Inggris telah mengumpulkan lebih dari 400 barang bukti yang terkait dengan serangan racun Novichok di Amesbury. Hal itu dikatakan oleh unit kontra terorisme dari kepolisian Inggris dalam sebuah pernyataan.

"Hingga saat ini, lebih dari 400 barang bukti telah ditemukan sebagai bagian dari investigasi Amesbury, dimana sejumlah besar berpotensi terkontaminasi dan telah dikirim ke laboratorium DSTL untuk analisis," bunyi pernyataan itu.

"(Bukti) ini termasuk botol kecil, yang ditemukan dari alamat di Muggleton Road dan detektif percaya menjadi sumber kontaminasi untuk Charlie dan Dawn," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari TASS, Minggu (15/7/2018).

Charles/Charlie Rowley (45) dan Dawn Sturgess (44) ditemukan tidak sadarkan diri di sebuah rumah di Amesbury, Wiltshire. Keduanya kemudian dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis di kota Inggris Amesbury, Wiltshire County.

Sturgess meninggal di rumah sakit pada 8 Juli, sementara Rowley, yang berada dalam kondisi kritis, kembali sadar dan tengah diperiksa oleh polisi.

Polisi Metropolitan kemudian mengklaim bahwa keduanya telah terpapar Novichok, racun syaraf yang sama yang diduga digunakan dalam serangan Maret lalu terhadap mantan intelijen militer Rusia (GRU) Kolonel Sergei Skripal dan putrinya Yulia di Salisbury yang berdekatan. Saat itu, London bergegas untuk menuduh Moskow berada di balik serangan itu. Rusia telah secara tegas menolak keterlibatannya sejak itu.

"Pekerjaan sedang berlangsung untuk menentukan apakah gas saraf berasal dari kelompok yang sama seperti yang digunakan dalam serangan terhadap Sergei dan Yulia Skripal pada Maret, dan ini tetap menjadi jalur utama penyelidikan bagi tim investigasi," kata polisi Inggris.

Pada hari Jumat lalu, Kepolisian Metropolitan mengatakan telah menemukan botol berisi racun saraf Novichok di rumah Rowley. Segera setelah itu, Kantor Luar Negeri mengatakan bahwa para ahli OPCW akan tiba di Inggris minggu depan atas permintaan London untuk mengidentifikasi bahan kimia beracun, yang telah ditemukan di Amesbury.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3823 seconds (0.1#10.140)