Poin Penting pada Perjanjian Camp David

Rabu, 14 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
Poin Penting pada Perjanjian Camp David
Perjanjian Camp David memiliki arti penting menjaga perdamaian di Timur Tengah. Foto/Jimmy Carter Library
A A A
WASHINGTON - Mesir mengancam akan membatalkan perjanjian perdamaiannya yang telah berumur puluhan tahun dengan Israel. Ancaman itu akan dilaksanakan Mesir jika Israel melakukan invasi darat ke Rafah.

Serangan Israel menghantam Rafah setelah Biden memperingatkan Netanyahu untuk memiliki rencana yang 'kredibel' untuk melindungi warga sipil.

Perjanjian Camp David, perjanjian antara Israel dan Mesir yang ditandatangani pada tanggal 17 September 1978, yang pada tahun berikutnya menghasilkan perjanjian damai antara kedua negara, perjanjian pertama antara Israel dan negara-negara tetangga Arabnya. Diperantarai oleh Presiden AS Jimmy Carter antara Perdana Menteri Israel Menachem Begin dan Presiden Mesir.

Anwar Sadat dan secara resmi diberi judul “Kerangka Perdamaian di Timur Tengah,” perjanjian tersebut kemudian dikenal sebagai Perjanjian Camp David karena perundingan berlangsung di tempat peristirahatan presiden AS di Camp David, Maryland. Sadat dan Begin dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1978 atas kontribusi mereka terhadap perjanjian tersebut.

Poin Penting pada Perjanjian Camp David

1. Berawal karena Berdirinya Negara Palestina

Poin Penting pada Perjanjian Camp David

Foto/Jimmy Carter Library

Melansir Britannica, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan pemungutan suara pada tahun 1947 untuk membagi mandat Inggris terhadap Palestina—yang akan didirikan adalah negara Yahudi, negara Arab, dan Yerusalem merdeka di bawah perwalian PBB. Orang-orang Arab menentang pemisahan. Ketika mandat berakhir pada tanggal 15 Mei 1948, dan Israel memproklamirkan kemerdekaannya, perang Arab-Israel pertama pun meletus.

Tidak ada negara terpisah untuk Arab Palestina (yaitu Palestina) yang didirikan. Mesir mengambil alih Jalur Gaza di sepanjang Laut Mediterania, dan Yordania mengambil alih kedaulatan atas wilayah antara perbatasan timur Israel dan Sungai Yordan (Tepi Barat), termasuk Yerusalem Timur. Selama Perang Enam Hari pada bulan Juni 1967, Israel menduduki wilayah-wilayah tersebut serta Dataran Tinggi Golan—sebidang tanah Suriah di perbatasan timur laut Israel—dan Semenanjung Sinai di Mesir.


2. Niat Jimmy Carter Mendamaikan Timur Tengah

Poin Penting pada Perjanjian Camp David


Foto/Jimmy Carter Library
Setelah terpilih sebagai presiden AS, Carter berkomitmen untuk mengupayakan penyelesaian perdamaian Timur Tengah yang komprehensif berdasarkan Resolusi PBB 242 (November 1967), yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah pendudukan, pengakuan Arab atas dan perdamaian dengan Israel (ketentuan yang negara-negara Arab menolak untuk menyetujuinya), dan penyelesaian yang adil terhadap masalah pengungsi Palestina yang terlantar akibat berdirinya Israel dan perang tahun 1967.

3. Menghasilkan 3 Kesepakatan Damai

Poin Penting pada Perjanjian Camp David

Foto/Jimmy Carter Library

Hasil akhir dari perundingan ini, “Kerangka Perdamaian di Timur Tengah,” mempunyai tiga bagian:

(1) proses pemerintahan mandiri Palestina di Tepi Barat dan Gaza,

(2) kerangka kerja untuk mencapai perdamaian. perjanjian antara Mesir dan Israel, dan

(3) kerangka serupa untuk perjanjian damai antara Israel dan negara tetangga lainnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)