Trump: Berkat Saya, NATO Akan Semakin Kuat

Kamis, 12 Juli 2018 - 19:16 WIB
Trump: Berkat Saya, NATO Akan Semakin Kuat
Trump: Berkat Saya, NATO Akan Semakin Kuat
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan bahwa NATO akan bertambah kuat, setelah negara anggotanya setuju untuk memenuhi iuran minimum yang menghabiskan dua persen dari PDB mereka.

Berbicara dalam konferensi pers di Brussels, Trump menyatakan seluruh anggota NATO setuju memenuhi kewajibannya, setelah dia melemparkan kritikan keras kepada para pemimpin negara anggota NATO terkait hal ini.

"Saya mengatakan kepada orang-orang bahwa saya akan sangat tidak senang jika mereka tidak memenuhi komitmen mereka," kata Trump dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/7).

"Saya memberi tahu mereka bahwa saya sangat tidak bahagia. Tapi, pembicaraan telah berakhir dengan istilah terbaik yakni semuanya setuju pada akhirnya. Itu sedikit sulit untuk sementara waktu," sambungnya.

Sementata itu, menurut sejumlah sumber yang ikut dalam pertemuan puncak NATO, Trump disebut sempat menebar ancaman bahwa dia akan menarik mundur AS dari aliansi tersebut, jika negara anggota NATO tidak memunuji kewajiban mereka.

Ketika ditanya tentang itu, Trump mengatakan dia percaya dia bisa melakukan itu tanpa persetujuan Kongres, tetapi menurutnya langkah itu belum diperlukan saat ini.

Trump kemudian menekankan bahwa anggaran NATO sebelumnya sangat tidak adil bagi, tetapi sekarang dia yakin itu telah adil. "Sekutu akan meningkatkan pengeluaran sebesar USD 33 miliar atau lebih," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3603 seconds (0.1#10.140)