Iran Eksekusi 8 Orang Terkait Serangan Mematikan ISIS di Teheran

Sabtu, 07 Juli 2018 - 23:42 WIB
Iran Eksekusi 8 Orang Terkait Serangan Mematikan ISIS di Teheran
Iran Eksekusi 8 Orang Terkait Serangan Mematikan ISIS di Teheran
A A A
TEHERAN - Iran mengeksekusi delapan orang yang dihukum atas dua serangan mematikan yang diklaim oleh kelompok Negara Islam (ISIS) di Teheran tahun lalu. Demikian laporan kantor berita pengadilan Iran, Mizan.

Dalam laporannya, Mizan menyebut para terdakwa dihukum karena berkolaborasi secara langsung dengan ekstrimis ISIS yang melakukan serangan pada 7 Juni 2017.

"Mereka mendukung mereka secara finansial dan mendapatkan senjata, seraya menginformasikan tujuan dan niat kelompok teroris tersebut," kutip AFP dari Mizan, Sabtu (7/7/2018).

Tidak disebutkan kapan eksekusi itu dilakukan, tetapi kantor berita Tasnim mengatakan hukuman itu dilakukan pada hari Sabtu.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan kembar terhadap parlemen Iran dan makam pemimpin revolusioner Ayatollah Ruhollah Khomeini yang menewaskan 17 orang dan melukai puluhan lainnya.

Serangan itu adalah yang pertama dan hanya diklaim oleh kelompok ISIS di Teheran. Iran menjadi sasaran karena mendukung pemerintah Irak dan Suriah dalam perjuangan mereka melawan ISIS dan kelompok teroris lainnya.

Lima penyerang tewas, baik dalam bom bunuh diri atau dibunuh oleh pasukan keamanan Iran.

"Proses hukum berlanjut terhadap sejumlah orang yang diduga terlibat dalam serangan itu," Mizan Online mengatakan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)