10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

Minggu, 11 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar
Korea Selatan merupakan negara yang mewajibkan anak mudanya mengikuti wajib militer. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sebagian besar negara di dunia menghapuskan wajib militer setelah berakhirnya Perang Dingin seiring dengan runtuhnya Komunisme, namun beberapa negara di Eropa kini kembali mempertimbangkan untuk menerapkan kembali wajib militer setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Latvia, yang berbatasan dengan Rusia, berencana menerapkan kembali wajib militer. Mulai tahun 2024, semua pria berusia antara 18 dan 27 tahun harus menjalani wajib militer selama 11 bulan, dan mulai tahun 2028, sekitar 7.500 warga Latvia akan wajib militer setiap tahunnya.

Estonia dan Finlandia tidak pernah menghapuskan wajib militer, meskipun negara lain sudah menghapuskannya. Ukraina kembali memberlakukan wajib militer setelah Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014, dan setelah Moskow memerintahkan invasi besar-besaran ke negara tersebut pada bulan Februari 2022, pemerintah di Kyiv memberlakukan undang-undang yang mewajibkan semua pria berusia 18-60 tahun untuk diwajibkan wajib militer. Lituania memperkenalkan wajib militer pada tahun 2015 untuk semua pria berusia antara 18 dan 25 tahun.

Banyak negara di Asia juga mewajibkan wajib militer karena kebutuhan keamanan mereka. Israel, misalnya, mengamanatkan semua warga negara Yahudi, Druze, atau Sirkasia yang berusia di atas 18 tahun untuk bertugas di Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Korea Selatan dan Korea Utara telah berselisih satu sama lain selama beberapa dekade. Kedua negara mempunyai wajib militer, sebuah undang-undang yang lahir dari kemungkinan kebutuhan akan tenaga kerja jika terjadi perang antara kedua negara bertetangga tersebut.

Wajib militer menghadirkan tantangan tersendiri dan mungkin bukan jawaban terhadap kebutuhan militer suatu negara. Sebagai permulaan, negara ini mungkin akan menghadapi pertentangan di tingkat domestik dan internasional dari kelompok hak asasi manusia karena sikapnya yang anti-demokrasi dan risiko yang terkait dengan nyawa mereka yang diminta untuk bertugas di militer tanpa disengaja. Selain itu, hal ini meningkatkan biaya keuangan dan mungkin memberikan sedikit ruang bagi negara-negara untuk mengembangkan kemampuan militer, seperti teknologi canggih dan sistem persenjataan.

10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

1. Korea Selatan

10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

Foto/Reuters

Melansir Insider Monkey , semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat, dan berusia antara 18 dan 28 tahun, diharuskan menjalani wajib militer selama 1,5 hingga 2 tahun sebagai bagian dari program wajib militer untuk menjaga dari ancaman Korea Utara.

Namun ada pengecualian bagi artis dan atlet yang membawa prestasi bagi negara seperti meraih penghargaan nasional atau internasional, medali di Olimpiade atau Asian Games.


2. Korea Utara

10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

Foto/Reuters

Melansir Insider Monkey, pendaftaran militer terjadi dua kali setahun di Korea Utara pada bulan April dan Agustus. Lulusan sekolah biasanya mendaftarkan diri ketika berusia 18 tahun. Laki-laki diwajibkan untuk melakukan wajib militer untuk jangka waktu 10 tahun.

Perempuan biasanya menjalani wajib militer secara sukarela hingga tahun 2015 ketika Pyongyang juga memperkenalkan wajib militer bagi perempuan, yang akan dimulai setelah lulus sekolah menengah atas dan berakhir ketika mereka berusia 23 tahun. Korea Utara memiliki masa wajib militer terlama di dunia.

3. Ukraina

10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

Foto/Reuters
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)
pixels