7 Pesawat Pembom Paling Mematikan di Dunia

Sabtu, 10 Februari 2024 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Pembom ini membawa muatan hingga 24.000 kg, termasuk rudal dan bom jatuh bebas.

dari 570 pesawat Tu-22M dari semua versi telah dibuat. Tu-22M3 adalah versi terbaru dan secara numerik tetap menjadi pembom paling penting dalam inventaris Angkatan Udara Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia. Sekitar 90 dari pembom ini saat ini beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia. 58 lainnya dioperasikan oleh Penerbangan Angkatan Laut Rusia. Pesawat ini juga beroperasi dengan Angkatan Laut India.

7. Xian H-6K (China)

7 Pesawat Pembom Paling Mematikan di Dunia

Foto/Reuters

Melansir Military Today, Xian H-6 dasar adalah versi produksi lisensi dari pembom jarak menengah Tu-16 Soviet. Setidaknya 150 pembom ini dibuat. H-6 dapat membawa muatan seberat 9.000 kg, termasuk berbagai rudal udara-ke-permukaan, rudal udara-ke-kapal, atau bom jatuh bebas. Beberapa versi dapat membawa rudal jelajah yang diluncurkan dari udara. Pembom ini dapat mengirimkan senjata nuklir. Lebih dari 100 pesawat pembom ini masih beroperasi dengan China.

H-6K terbaru berevolusi menjadi pembom strategis jarak jauh. Pesawat ini mulai beroperasi dalam beberapa tahun terakhir.

Pembom ini memiliki mesin baru dan membawa lebih banyak bahan bakar untuk jangkauan yang lebih jauh. Ia dipersenjatai dengan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara di bawah sayapnya. Pesawat diyakini telah meningkatkan avionik, radar pencarian dan serangan, navigasi, pengendalian tembakan, dan presisi senjata secara signifikan.

H-6K mampu menyerang kelompok tempur kapal induk AS dan target prioritas di Asia. Ia juga memiliki kemampuan serangan nuklir.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)