Jelang Serangan Darat Israel di Rafah, Mesir Kerahkan 40 Tank Dekat Perbatasan Gaza

Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Kedua negara telah mempertahankan blokade terhadap Gaza, dengan ketat membatasi pergerakan orang dan barang melintasi perbatasannya, setelah Hamas menguasai wilayah tersebut pada 2007.

Namun hubungan tersebut berada di bawah tekanan karena operasi militer Israel saat ini di Gaza, setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Mesir telah berulang kali memperingatkan kemungkinan serangan Israel dapat mengusir warga Gaza yang putus asa ke Sinai.

Kairo juga marah atas saran dari Israel bahwa mereka akan mengambil kembali kendali penuh atas koridor perbatasan Gaza-Mesir untuk memastikan demiliterisasi Wilayah Palestina.

Pada Januari, Mesir mengumumkan dua operasi untuk memberantas penyelundupan narkoba di timur laut Sinai dalam upaya nyata menunjukkan kendali mereka atas wilayah tersebut.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa restrukturisasi keamanan di perbatasan, yang katanya masih memiliki sejumlah kecil terowongan, sedang dalam diskusi rutin oleh kedua negara.

Israel akan mencoba mengorganisir pergerakan pengungsi Palestina ke utara Gaza sebelum operasi militer apa pun di sana, menurut pejabat itu.

Sumber keamanan Mesir meremehkan diskusi apa pun dan mengatakan mereka memprioritaskan upaya mencapai gencatan senjata di Gaza.

Layanan informasi negara menyebut tuduhan penyelundupan sebagai “kebohongan” yang dimaksudkan untuk menutupi tujuan Israel menduduki zona penyangga perbatasan, yang dikenal sebagai Koridor Philadelphi.

Mesir juga menyalahkan Israel karena membatasi pengiriman bantuan ke Gaza, di mana risiko kelaparan meningkat dan para pekerja bantuan telah memperingatkan penyebaran penyakit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)