Jelang Serangan Darat Israel di Rafah, Mesir Kerahkan 40 Tank Dekat Perbatasan Gaza

Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Bulan lalu, layanan informasi negara Mesir merinci beberapa tindakan yang diambil di perbatasannya sebagai tanggapan atas dugaan Israel bahwa Hamas telah memperoleh senjata yang diselundupkan dari Mesir.

“Tiga garis penghalang membuat penyelundupan melalui darat atau bawah tanah menjadi mustahil,” ungkap sumber itu.

Gambar yang dibagikan kepada Reuters oleh Sinai Foundation for Human Rights, kelompok independen, menunjukkan pemasangan tembok pada Desember, dengan beberapa tanggul di belakangnya.

Gambar selanjutnya, yang menurut kelompok itu diambil pada awal Februari, tampak menunjukkan tiga lapisan kawat berduri melingkar vertikal dipasang di atas tembok. Reuters tidak dapat memverifikasi gambar tersebut secara independen.

Citra satelit dari Januari dan Desember juga menunjukkan beberapa pembangunan baru di sepanjang 13 km (8 mil) perbatasan dekat Rafah dan perluasan tembok ke tepi laut di ujung utaranya.

Pihak berwenang Mesir dan Israel tidak menanggapi permintaan komentar.

Langkah-langkah baru ini diambil setelah perluasan keamanan di Sinai utara, ketika militer Mesir mengkonsolidasikan cengkeramannya sejak satu dekade lalu.

Jauh sebelum perang di Gaza pecah, Mesir mengatakan pihaknya telah menghancurkan terowongan-terowongan yang menjadi jalur penyelundupan ke Gaza sebelumnya. Mesir juga telah membersihkan zona penyangga di dekat perbatasan.

Saat mendekati Perlintasan Rafah dengan Gaza, sisa-sisa rumah yang hancur terlihat bersama dengan tembok beton bermil-mil yang dibangun sejajar dengan laut dan di dekat jalan dekat perbatasan.

Hubungan Dalam Tekanan


Mesir dan Israel telah hidup damai selama lebih dari empat dekade dan, dalam beberapa tahun terakhir, telah memperluas hubungan melalui ekspor gas alam Israel dan koordinasi keamanan di sekitar perbatasan bersama dan Jalur Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)