Bagaimana Tradisi Imlek di Negara China? Festival Meriah dengan Makna Mendalam

Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:45 WIB
loading...
Bagaimana Tradisi Imlek di Negara China? Festival Meriah dengan Makna Mendalam
Pengemudi becak roda tiga menunggu pelanggan saat para pengunjung berfoto dengan instalasi Naga menyambut Tahun Baru Imlek di Beijing, China, 7 Februari 2024. Foto/REUTERS/Florence Lo
A A A
BEIJING - Imlek, atau Tahun Baru China, merupakan festival terpenting dalam budaya Tionghoa. Di negara China sendiri, perayaan Imlek berlangsung selama dua pekan, dimulai dari beberapa hari sebelum Tahun Baru dan berakhir pada Festival Lampion.

Setiap hari diwarnai dengan tradisi unik dan penuh makna, membawa keceriaan dan harapan baru bagi masyarakat China.

Persiapan Menjelang Imlek


Suasana Imlek mulai terasa beberapa pekan sebelumnya. Rumah-rumah dibersihkan secara menyeluruh untuk menyingkirkan kesialan di tahun sebelumnya.

Dekorasi berwarna merah, seperti lampion, bunga, dan hiasan, dipasang untuk menyambut keberuntungan dan kemakmuran.

Masyarakat berbondong-bondong berbelanja keperluan Imlek, seperti makanan, pakaian baru, dan angpao. Tradisi ini melambangkan semangat untuk memulai lembaran baru dengan penuh optimisme.

Malam Tahun Baru Imlek


Malam Tahun Baru Imlek adalah puncak perayaan. Keluarga berkumpul untuk makan malam reuni yang meriah.

Hidangan tradisional seperti pangsit, ikan, dan kue beras disajikan, melambangkan kebersamaan, kelimpahan, dan rezeki yang berlimpah.

Tradisi lain yang dilakukan pada malam Tahun Baru Imlek adalah menyalakan petasan dan menonton pertunjukan barongsai dan naga.

Petasan diyakini dapat mengusir roh jahat, sedangkan barongsai dan naga melambangkan kekuatan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Tradisi Unik Imlek


Memberi Angpao menjadi salah satu tradisi unik Imlek. Angpao adalah amplop merah berisi uang yang diberikan kepada anak-anak dan orang yang belum menikah. Tradisi ini melambangkan keberuntungan dan harapan untuk rezeki yang berlimpah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)