Kesepakatan Rahasia Rohingya Tidak Tawarkan Jaminan Kewarganegaraan

Sabtu, 30 Juni 2018 - 16:35 WIB
Kesepakatan Rahasia Rohingya Tidak Tawarkan Jaminan Kewarganegaraan
Kesepakatan Rahasia Rohingya Tidak Tawarkan Jaminan Kewarganegaraan
A A A
COXS BAZAR - Pengungsi Rohingya yang kembali ke Myanmar tidak akan memiliki jaminan kewarganegaraan atau kebebasan bergerak secara eksplisit di seluruh negeri. Hal itu termaktub dalam perjanjian rahasia antara pemerintah Myanmar dan PBB.

Sebelumnya, PBB berhasil mencapai kesepakatan garis besar dengan Myanmar pada akhir Mei lalu. Kesepakatan itu memungkinkan pengungsi Myamnar kembali negara itu. Namun, tidak ada rincian mengenai kesepakatan tersebut.

Reuters berhasil mendapatkan salinan nota kesepahaman (MoU) yang disepakati antara PBB dan pemerintah Myanmar. Nota itu juga bocor di dunia maya.

Seperti diketahui, kewarganegaraan dan hak-hak pengungsi yang kembali ke Myanmar adalah poin-poin penting dari negosiasi perjanjian untuk memulihkan akses ke negara bagian Rakhine yang dilanda konflik. Badan-badan PBB telah dilarang memasuki wilayah itu sejak Agustus lalu.

"Mereka yang kembali akan menikmati kebebasan bergerak yang sama seperti semua warga negara Myanmar lainnya di Negara Bagian Rakhine, sesuai dengan hukum dan peraturan yang ada," begitu bunyi MoU tersebut seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (30/6/2018).

Namun, kesepakatan itu tidak menjamin kebebasan bergerak di luar perbatasan Rakhine atau aturan hukum dan peraturan yang saat ini mencegah Rohingya dari bepergian dengan bebas, menurut teks yang dilihat oleh Reuters.

Para pemimpin pengungsi dan kelompok hak asasi manusia mengatakan perjanjian itu gagal untuk menjamin hak-hak dasar bagi Rohingya. Sekitar 700.000 Rohingya telah melarikan diri dari tindakan keras militer yang disebut "pembersihan etnis".

"Saat perjanjian ini berdiri, mengembalikan Rohingya ke Rakhine berarti mengembalikan mereka ke negara apartheid - tempat di mana mereka tidak dapat bergerak bebas dan berjuang untuk mengakses sekolah, rumah sakit, dan tempat-tempat yang mereka andalkan untuk bekerja," kata peneliti Amnesty International Myanmar Laura Haigh.

"Tidak ada dalam dokumen ini yang memberikan jaminan bahwa ini akan berubah," imbuhnya.

UNHCR, badan pengungsi PBB, sebelumnya telah menyebut MoU sebagai langkah pertama dan penting untuk membangun kerangka kerja sama dengan pemerintah.

Reuters mengkonfirmasi isi MoU itu dengan sumber-sumber di dua organisasi non-pemerintah internasional. Draft 30 Mei yang dilihat oleh Reuters ditulis sehari sebelum kesepakatan itu ditandatangani. Namun penggambaran bagian-bagian kunci sama dengan pengarahan latar belakang oleh UNHCR untuk diplomat dan LSM yang juga dilihat oleh Reuters, dan surat dari UNHCR yang menjelaskan perjanjian yang disampaikan kepada pengungsi di Bangladesh.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan badan-badan bantuan mengatakan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi dan Program Pembangunan PBB, tidak memenangkan konsesi yang kuat dari pemerintah Myanmar, terutama pada isu-isu kunci kewarganegaraan dan kebebasan bergerak. Padahal negosiasi untuk kesepakatan itu telah menghabiskan waktu berbulan-bulan.

Myanmar yang mayoritas beragama Buddha tidak mengakui Rohingya sebagai kelompok etnis pribumi dan dengan demikian menyangkal kewarganegaraan. Pemerintah menyebut mereka sebagai "Bengali", sebuah istilah yang mereka tolak karena menyiratkan bahwa mereka berasal dari Bangladesh meskipun banyak yang melacak asal-usul mereka dari generasi ke generasi.

MoU, yang tidak merujuk pada pengungsi sebagai Rohingya, mengharuskan pemerintah Myanmar untuk memberikan kepada semua orang yang kembali dokumen identifikasi yang sesuai dan memastikan jalur yang jelas dan sukarela untuk kewarganegaraan bagi mereka yang memenuhi syarat.

Namun sebagian besar pemimpin Rohingya mengatakan mereka tidak akan kembali tanpa jaminan kewarganegaraan dan menolak Kartu Verifikasi Nasional, sebuah dokumen identitas alternatif Myanmar telah mendorong mereka untuk menerima. Mereka mengatakan kartu itu mengklasifikasikan penduduk seumur hidup sebagai imigran baru dan tidak memungkinkan perjalanan gratis.

Pada hari Senin, Reuters melaporkan seorang pejabat senior Myanmar mengatakan kepada para diplomat Barat bahwa proposal untuk meninjau undang-undang kewarganegaraan yang secara efektif membuat warga negara Rohingya tidak dapat diimplementasikan.

"Kami sangat marah dengan MoU ini," kata Mohibullah, ketua Masyarakat Rohingya Arakan untuk Perdamaian dan Hak Asasi Manusia, sebuah organisasi Rohingya yang bermarkas di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh.

“Itu tidak menyebut istilah Rohingya. Juga dikatakan gerakan bebas dalam negara Rakhine, tetapi itu sangat sulit bagi kami,” imbuhnya.

Dia mengatakan Rohingya telah diberitahu oleh pejabat UNHCR bahwa perjanjian itu semata-mata tentang pemberian akses ke Rakhine utara untuk lembaga bantuan.

"Kami tidak akan menerima MoU ini," tegasnya.

Juru bicara pemerintah Myanmar Zaw Htay dan Menteri Kesejahteraan Sosial Win Myat Aye tidak menjawab panggilan telepon untuk dimintai komentar. Sementara Direktur Kementerian Tenaga Kerja, Imigrasi, dan Populasi mengatakan dia tidak berwenang untuk memberi komentar dan mengarahkan pertanyaan kepada sekretaris tetap, yang tidak menjawab telepon.

Seorang juru bicara PBB mengatakan kebijakannya adalah tidak mengomentari dokumen yang bocor.

"UNDP dan UNHCR serta pemerintah Myanmar melanjutkan diskusi tentang merilis teks MoU secara terbuka," kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan email.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3773 seconds (0.1#10.140)