Siapa David Barnea? Bos Mossad yang Pernah Bertugas di Asia Tenggara dan Bergaya seperti James Bond

Kamis, 08 Februari 2024 - 14:14 WIB
loading...
Siapa David Barnea? Bos Mossad yang Pernah Bertugas di Asia Tenggara dan Bergaya seperti James Bond
David Barnea menjadi bos Mossad yang pernah bertugas di Asia Tenggara dan dijuluki James Bond. Foto/Reuters
A A A
GAZA - David Barnea, si bos Mossad itu juga dijuluki sebagai mesin pembunuh dan bergaya seperti James Bond. Begitulah dikatakan kepada para agen intelijen Mossad.

Kepala baru badan intelijen asing Israel, Mossad, pernah mengirimkan perintah tegas kepada mantan pejabat senior intelijennya: Tutup mulut Anda sampai saya katakan Anda bisa membukanya.

Menurut Yossi Melman, seorang reporter intelijen veteran untuk harian independen Israel Haaretz, Barnea memperingatkan mantan pejabat senior Mossad bahwa dia akan menghukum siapa pun yang berbicara kepada media, baik secara langsung atau tidak, tentang operasi mata-mata Israel saat ini atau di masa lalu tanpa kehadirannya sebelumnya. izin.

"Yang mungkin tidak akan dia kabulkan," kata Melman kepada SpyTalk.

Dalam masyarakat Israel yang sangat erat, arahan dari pimpinan Mossad berlaku bagi siapa saja yang berada di lingkungan badan tersebut, termasuk mereka yang disebut sebagai “pembentuk”. Perintah Barnea kemungkinan besar berarti rincian operasi Mossad di masa lalu akan tetap dirahasiakan di bawah kepemimpinannya. Hal ini juga menunjukkan bahwa penjelasan latar belakang badan tersebut kepada wartawan tentang operasi saat ini – yang jarang terjadi pada saat-saat terbaik – juga akan dikurangi.

Siapa David Barnea? Bos Mossad yang Dijuluki Mesin Pembunuh

1. Selalu Menolak Wawancara dengan Media

Siapa David Barnea? Bos Mossad yang Pernah Bertugas di Asia Tenggara dan Bergaya seperti James Bond

Foto/Reuters

Sejak mengambil alih kepemimpinan Mossad, Barnea telah menolak semua permintaan wawancara media.

“Dia berencana membawa Mossad kembali ke masa lalu ketika keheningan adalah emas,” kata Melman, dilansir Military.

Perintah tersebut juga mencerminkan perubahan drastis dari pendahulu Barnea di Mossad, Yossi Cohen, yang sering memberi pengarahan kepada wartawan mengenai masalah intelijen terkini dan memberikan pidato publik. Cohen bahkan membiarkan dirinya difoto saat ia bertemu secara terpisah tahun lalu dengan para pemimpin Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan untuk merundingkan apa yang akhirnya menjadi pengakuan diplomatik mereka terhadap Israel.


2. Disamakan dengan James Bond

Berbeda dengan Cohen, yang ketampanannya dan kegemarannya mengenakan setelan jas mengundang perbandingan media Israel dengan James Bond, Barnea, 56, lebih memilih untuk tetap berada dalam bayang-bayang. Dalam beberapa foto dirinya yang muncul di media Israel, kepala intel yang mulai memutih dan ramping ini memiliki fitur wajah yang biasa-biasa saja dan membuatnya menjadi mata-mata yang ideal -- yang pernah disebut oleh mantan Direktur CIA William Colby sebagai "wajah yang akan dilupakan oleh seorang pelayan".

Tapi seperti Cohen dan mendiang Meir Dagan, mantan kepala Mossad lainnya, Barnea sangat berorientasi pada tindakan, yang membedakannya dari sebagian besar direktur Mossad sebelumnya, kata Ronen Bergman, penulis “Rise and Kill First,” sebuah buku yang merinci rencana Mossad. sejarah pembunuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)