Sudah Berkuasa 20 Tahun, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev Menang Pilpres 92% Suara

Kamis, 08 Februari 2024 - 10:11 WIB
loading...
A A A
Ketika mengunjungi kota itu pada bulan November, Aliyev mengatakan dalam pidatonya di parade militer yang menandai kemenangan tersebut: "Kami menunjukkan kepada seluruh dunia kekuatan, tekad, dan semangat gigih rakyat Azerbaijan.”

Di Fuzuli, kota Azerbaijan dekat Nagorno-Karabakh yang dikuasai pasukan Armenia hingga tahun 2020, jurnalis AP menyaksikan banyaknya jumlah pemilih yang mengantre untuk memasuki tempat pemungutan suara. Kota ini masih berupa reruntuhan setelah dirusak oleh pasukan separatis-pro Armenia, namun pihak berwenang telah membangun 25 gedung apartemen baru untuk menampung penduduk setempat yang ingin kembali.

Raya Feyziyeva (73), yang terpaksa meninggalkan Fuzuli setelah kota itu diambil alih oleh pasukan separatis pro-Armenia dan pengusiran penduduk etnis Azerbaijan pada tahun 1993, mengatakan dia berterima kasih kepada Aliyev karena telah merebut kembali kota kelahirannya.

“Kami merasa baik-baik saja, jadi kami kembali ke tanah air setelah menderita selama 30 tahun,” katanya.

“Saya orang yang bahagia karena keinginan utama saya telah terpenuhi dan saya merasa tenang mengetahui bahwa saya akan dimakamkan di tanah air saya.”

Vusal Jumshudov (30), yang berjuang untuk merebut kembali wilayah Fuzuli pada tahun 2020 sebagai tentara, juga mengatakan dia memilih Aliyev.

“Saya merasa bangga kita telah memerdekakan tanah air kita di bawah kepemimpinan Ilham Aliyev. Saya bangga kita telah melakukan pemungutan suara di tanah air kami,” ujarnya.

Tidak ada batasan masa jabatan yang dapat dijalani Aliyev, dan tidak ada tantangan nyata dari enam kandidat lainnya, beberapa di antaranya sebelumnya secara terbuka memujinya.

Masa kekuasaan Aliyev ditandai dengan diberlakukannya undang-undang yang semakin ketat yang mengekang perdebatan politik serta penangkapan tokoh oposisi dan jurnalis independen—termasuk menjelang pemilihan presiden.

Dua partai oposisi utama Azerbaijan—Musavat dan Front Rakyat Azerbaijan—tidak mengambil bagian dalam pemungutan suara tersebut, dan beberapa anggota oposisi menuduh bahwa pemungutan suara pada hari Rabu mungkin terjadi kecurangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)