Arab Saudi Cegat Dua Rudal Houthi di Langit Riyadh

Senin, 25 Juni 2018 - 08:15 WIB
Arab Saudi Cegat Dua Rudal Houthi di Langit Riyadh
Arab Saudi Cegat Dua Rudal Houthi di Langit Riyadh
A A A
RIYADH - Militer Arab Saudi mengatakan sistem pertahanan udaranya berhasil mencegat atau menghalau dua peluru kendali (rudal) di wilayah udara Ibu Kota Riyadh. Menurut Saudi, dua misil itu ditembakkan milisi Houthi Yaman.

Intersepsi dua rudal itu terjadi pada hari Minggu, ketika Koalisi Arab yang dipimpin Saudi sedang bergerak untuk merebut kendali kota pelabuhan utama Yaman dari kelompok pemberontak Houthi.

Menurut saksi mata yang dikutip Reuters, Senin (25/6/2018), setidaknya enam ledakan keras terdengar dan kilatan cahaya terlihat di langit Riyadh. Pecahan peluru juga terlihat di jalan-jalan di kawasan di mana kedutaan asing berdiri.

"Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi mencegat dan menghancurkan misil-misil. Beberapa puing rudal yang disergap mendarat di daerah pemukiman, untungnya tanpa menimbulkan korban," kata juru bicara Koalisi Arab, Turki al-Malki, dalam sebuah pernyataan.

Stasiun televisi al-Masirah yang dikelola Houthi melaporkan rudal-rudal Burkan ditembakkan ke Kementerian Pertahanan Saudi dan target lainnya.

Kelompok pemberontak yang disebut-sebut didukung Iran ini sejatinya telah menguasai sebagian besar wilayah Yaman termasuk Ibu Kota Sanaa. Kelompok ini menembakkan serangkaian rudal ke wilayah Kerajaan Saudi dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak rentetan serangan rudal dari wilayah Yaman, Saudi memperketat keamanan di Ibu Kota Riyadh dengan mengerahkan banyak persoel keamanan dan mobil pemadam kebakaran di kawasan kantor-kantor diplomatik.

"Semakin lama agresi dan perang berlanjut, semakin besar kemampuan rudal balistik kami," bunyi siaran stasiun televisi al-Mayadeen mengutip juru bicara Houthi, Mohammed Abdul-Salam.

Riyadh menuduh Houthi menggunakan pelabuhan utama Yaman untuk menyelundupkan senjata buatan Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)