Terobosan ini yang Membuat Rusia Mampu Bangkit dan Melawan Sanksi Barat

Sabtu, 03 Februari 2024 - 20:02 WIB
loading...
Terobosan ini yang Membuat Rusia Mampu Bangkit dan Melawan Sanksi Barat
Rusia mampu bangkit dan melawan sanksi Barat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia melampaui negara-negara Eropa dalam hal pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu, tumbuh sebesar 4%. Selain itu, Rusia juga mampu melawan sanksi Barat sejak invasi ke Ukraina.

Apa terobosan yang dilakukan Rusia?

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan pendorong utama di balik pertumbuhan di atas rata-rata adalah pesatnya pengenalan teknologi digital di berbagai sektor ekonomi.

“Efek ekonomi [dari pengenalan teknologi kecerdasan buatan] adalah sekitar satu triliun rubel (USD11 miliar), dan pada akhir dekade ini akan mencapai sepuluh triliun rubel,” kata Mishustin pada sesi pleno forum Digital Almaty 2024 di Kazakhstan, dilansir RT. Dia menambahkan bahwa hal ini pada akhirnya akan menambah sekitar 6% produk domestik bruto (PDB) negara tersebut.



Menurut Mishustin, cakupan penerapan teknologi AI di sektor ekonomi dan administrasi telah meningkat rata-rata 1,5 kali lipat selama dua tahun terakhir, dan ia memperkirakan tren tersebut akan terus berlanjut.

“Untuk solusi digital, kami terus mengupayakan implementasinya di semua bidang, termasuk yang berbasis kecerdasan buatan… Kami sedang mengembangkan koridor transportasi digital dan menggunakan platform informasi. Dan semakin banyak lagi proyek serupa. Kami mempertimbangkan tren global – tren ini membantu kami merespons tantangan internal dan eksternal yang sangat sulit,” kata Mishustin.

Dia mencatat bahwa Rusia saat ini berada di antara tiga negara teratas yang “memiliki kompetensi serius” dalam teknologi digital, dan menambahkan bahwa Rusia terbuka untuk berbagi pengalaman dan perkembangannya di bidang teknologi digital dengan mitra asing.

“Kami sekarang fokus pada pengembangan lebih lanjut – peluncuran proyek-proyek besar dalam kedaulatan teknologi, yang disebut megaproyek, serta peningkatan pelatihan tim teknik dan pengenalan teknologi digital baru,” jelas Mishustin.

Perdana menteri mengatakan megaproyek digital akan membantu meningkatkan produksi di sejumlah bidang prioritas, mulai dari manufaktur peralatan mesin dan pembuatan pesawat terbang hingga farmasi dan industri radio-elektronik.

Selain itu, ia mencatat bahwa Rusia sedang membangun jaringan kampus kelas dunia untuk melatih spesialis TI dan akan terbuka bagi spesialis dari Rusia dan mitranya di blok EEU negara-negara pasca-Soviet. Saat ini terdapat 17 kampus serupa, dan direncanakan akan dibuka delapan kampus lagi pada tahun 2030.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)