Siapa Joshua Schulte? Teknisi CIA yang Menciptakan Serangan Pearl Harbor Digital

Sabtu, 03 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Schulte juga mengatakan tidak adil bagi jaksa penuntut untuk meminta hukuman seumur hidup karena mereka sebelumnya telah menawarkan kesepakatan pembelaan yang akan membuatnya dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

“Ini bukan keadilan yang dicari pemerintah, tapi balas dendam,” katanya.

4. Bergabung dengan CIA pada 2010

Melansir BBC, bergabung dengan CIA pada tahun 2010, Schulte segera mendapatkan izin keamanan tertinggi di organisasi tersebut. Dia kemudian bekerja di kantor pusat badan tersebut di Langley, Virginia, merancang serangkaian program yang digunakan untuk meretas komputer, iPhone dan ponsel Android dan bahkan smart TV.

Jaksa menuduh pada tahun 2016 bahwa dia mengirimkan informasi yang dicuri ke Wikileaks dan kemudian berbohong kepada agen FBI tentang perannya dalam kebocoran tersebut.

Mereka menambahkan bahwa ia tampaknya termotivasi oleh kemarahan atas perselisihan di tempat kerja yang menyebabkan majikannya mengabaikan keluhannya. Insinyur perangkat lunak tersebut telah berjuang untuk memenuhi tenggat waktu dan Asisten Jaksa AS Michael Lockard mengatakan salah satu proyeknya sangat terlambat dari jadwal sehingga ia mendapat julukan "Drifting Deadline".

5. Meski Ditahan, Masih Tetap Membocorkan Data

Schulte berusaha mengirimkan lebih banyak informasi. Schulte menyelundupkan telepon ke penjara di mana dia mencoba mengirim informasi kepada reporter tentang kelompok cyber CIA dan menyusun tweet yang mencakup informasi tentang alat cyber CIA dengan nama Jason Bourne, seorang agen intelijen fiksi.

Melansir BBC, Schulte telah ditahan di balik jeruji besi sejak 2018.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)