Media Asing Soroti Peran Ganda Prabowo Menhan dan Capres Berisiko Salah Gunakan Wewenang

Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:29 WIB
loading...
Media Asing Soroti Peran Ganda Prabowo Menhan dan Capres Berisiko Salah Gunakan Wewenang
Media asing soroti peran ganda Prabowo Subianto sebagai Menhan dan Capres dalam pemilu Indonesia 2024. Foto/Tim Kampanye Prabowo-Gibran
A A A
JAKARTA - Media Singapura, Channel News Asia (CNA), telah menyoroti peran ganda Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan calon presiden (capres) menjelang pemilu Indonesia 2024. Peran ganda itu dinilai berisiko terjadi penyalahgunaan wewenang.

Laporan media asing itu mengutip para pakar dan pengamat Indonesia. Pemilu Indonesia akan digelar pada 14 Februari 2024 atau dalam hitungan hari lagi.

Prabowo merupakan capres nomor urut dua, berpasangan dengan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka—putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rival mereka adalah pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD.



Mahfud telah mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Langkahnya telah dipuji banyak kalangan karena perannya saat ini sebagai cawapres.

Laporan CNA yang menyoroti peran ganda Prabowo dimulai dari rutinitasnya sebagai Menhan pada awal Januari lalu.

Setelah setengah hari bekerja sebagai Menhan Prabowo tiba setelah jam makan siang pada 4 Januari di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jakarta, di mana sekelompok jurnalis senior dan pemimpin redaksi siap mendengar tentang program-programnya sebagai serta komitmen terhadap kebebasan berpendapat dan kebebasan pers di negara ini.

“Saya diundang sebagai calon presiden, bukan?” tanya capres berusia 72 tahun itu kepada Ketua PWI Hendry Bangun.

Untuk menunjukkan bakat dramatisnya, purnawirawan jenderal Angkatan Darat itu kemudian dengan cepat menginstruksikan ajudannya untuk melepas peniti di kemeja putih lengan panjang yang dia kenakan sepanjang hari.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)