Peringati Tragedi MH17, Kerabat Korban Gelar Aksi Kursi Kosong

Sabtu, 09 Juni 2018 - 23:14 WIB
Peringati Tragedi MH17, Kerabat Korban Gelar Aksi Kursi Kosong
Peringati Tragedi MH17, Kerabat Korban Gelar Aksi Kursi Kosong
A A A
DEN HAAG - Kerabat korban pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh pada bulan Juli 2014 mengadakan aksi diam. Aksi sebagai bentuk protes ini dilakukan di depan kedutaan Rusia di Den Haag, Belanda.

Setangkai bunga mawar merah ditempatkan di 298 kursi putih untuk mengenang penumpang asal Belanda dan awak pesawat MH17. Kursi-kursi, ditempatkan di halaman dekat kedutaan, mewakili 196 warga Belanda dan penumpang serta awak pesawat yang tewas pada 17 Juli 2014 seperti dikutip dari BBC, Sabtu (9/6/2018).

Pesawat Malaysia Airline dengan nomor penerbangan MH17 sedang dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Pesawat itu melakukan perjalanan melalui Ukraina yang tengah dalam konflik ketika ditembak jatuh.

Semua penumpang dan awak dalam pesawat Boeing 777 tewas ketika pesawat tersebut hancur berkeping-keping akibat serangan rudal di atas Ukraina timur.Insiden itu terjadi pada puncak konflik antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis pro-Rusia.
Pada September 2016, sebuah tim penyelidik kriminal internasional mengatakan bukti menunjukkan bahwa pesawat itu telah dihancurkan oleh rudal Buk buatan Rusia. Pada bulan Mei tahun ini, tim penyelidik pimpinan Belanda mengatakan rudal itu berasal dari sebuah unit yang berbasis di Rusia barat.

Namun Rusia membantah tuduhan itu. Rusia bersikeras bahwa tidak ada senjata miliknya yang digunakan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4209 seconds (0.1#10.140)