4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Rabu, 31 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Di Capitol Hill, anggota parlemen menuntut pembalasan.

Anggota Kongres Hawkish mengatakan Biden harus secara langsung menargetkan Teheran atas serangan mematikan di pangkalan di Yordania.

Senator Lindsay Graham, R-S.C., mengatakan bahwa menyerang proksi Iran tidak menghalangi mereka dan dia meminta pemerintahan Biden “untuk menyerang sasaran-sasaran penting di Iran, tidak hanya sebagai pembalasan atas terbunuhnya pasukan kita, tetapi juga sebagai pencegahan terhadap serangan terhadap proksi Iran.”

Yang lain mengatakan AS harus menyerang IRGC dan Pasukan Quds, yang tersebar di seluruh wilayah.

Namun sebagian besar memilih untuk menahan diri, dan mengatakan bahwa pemerintah harus mengambil pendekatan strategis dan bijaksana untuk menghindari meningkatnya ketegangan dan menyeret Amerika ke dalam perang lain pada tahun pemilu.

“Konfrontasi langsung dengan Iran pasti akan menyebabkan kematian lebih banyak anggota militer AS dan dapat dengan mudah berkembang menjadi konflik regional,” kata anggota Kongres Sara Jacobs, D-Calif., dalam sebuah pernyataan.

Deskripsi Gedung Putih tentang “pendekatan berjenjang” dapat menunjukkan bahwa respons yang diberikan tidak hanya bersifat militer. Dan hal ini juga mungkin mencerminkan kekhawatiran bahwa anggota kelompok milisi dilaporkan bersembunyi, yang dapat mempersulit AS untuk menemukan dan menyerang komandan senior atau lokasi-lokasi penting. Akibatnya, AS mungkin perlu mengubah responsnya selama beberapa hari agar dapat menemukan dan menyempurnakan target dengan lebih baik.

Ada pula yang berpendapat bahwa respons yang kurang besar akan membuat AS terlihat lemah.

“Ketika mereka mendengar proporsionalitas, masuk akal, moderat, 'kami tidak menginginkan perang regional,' kedengarannya bagus di Davos, namun musuh kami melihatnya sebagai kelemahan dan lampu hijau untuk agresi,” kata Bradley Bowman, direktur senior di Yayasan Pertahanan Demokrasi.

4. Sanksi Ekonomi

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Melansir Arab News, pilihan non-militer selalu berupa sanksi ekonomi – sebuah hukuman yang sering digunakan oleh pemerintahan Biden dan para pendahulunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)