4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Rabu, 31 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi
AS memiliki banyak opsi untuk melancarkan serangan balasan ke Iran. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Presiden Joe Biden telah memperjelas bahwa AS akan menyerang balik setelah serangan pesawat tak berawak mematikan menewaskan tiga anggota militer dan melukai lebih dari 40 orang di sebuah pangkalan kecil di Yordania selama akhir pekan. Yang belum jelas adalah siapa yang akan terkena, di mana, dan seberapa kerasnya.

Biden mempunyai banyak pilihan, namun AS harus mengambil keputusan yang tegas: Respons yang lemah tidak akan banyak membantu mencegah serangan lebih lanjut oleh kelompok milisi yang didukung Iran, sementara serangan besar berisiko memperluas kekacauan di Timur Tengah dan menyeret Amerika ke dalam konflik. konflik yang lebih luas.

Pada Selasa, Biden dengan blak-blakan mengatakan “ya” ketika ditanya apakah dia telah memutuskan bagaimana menanggapi serangan tersebut. Namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, dan menambahkan bahwa AS ingin menghindari pemicu perang Timur Tengah yang lebih luas. “Bukan itu yang saya cari,” katanya.

Namun ketiga anggota militer tersebut adalah orang pertama yang tewas dalam serangan milisi sejak dimulainya perang Israel terhadap Hamas di Gaza. Dan kematian mereka telah memicu tuntutan Amerika untuk memberikan tanggapan yang kuat.

Pilihan target berkisar dari dalam negeri Iran, termasuk Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam, hingga kapal-kapal Iran di laut dan kelompok milisi yang didukung Teheran serta para pemimpin utama militan di Irak dan Suriah. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengemukakan kemungkinan bahwa AS akan mengambil “pendekatan berjenjang” dengan beberapa tindakan dalam jangka waktu tertentu.

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

1. Menyerang Target Tertentu di Iran

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Melansir Arab News, para pejabat di seluruh pemerintahan mengatakan AS yakin Iran memikul tanggung jawab untuk mempersenjatai, mendanai dan mendukung milisi yang telah melancarkan serangan pesawat tak berawak, rudal dan roket terhadap pasukan Amerika di Irak, Suriah dan sekarang Yordania.

“Saya menganggap mereka bertanggung jawab karena mereka memasok senjata kepada pelakunya.” kata Biden pada hari Selasa.

Menyerang di wilayah Iran – termasuk terhadap Pasukan Quds Garda Revolusi – akan mengirimkan pesan yang kuat dan langsung ke Teheran.

Beberapa orang berpendapat bahwa langkah seperti itu diperlukan, karena serangan AS terhadap milisi yang didukung Iran dalam beberapa bulan terakhir tidak membuat mereka jera. Namun hal ini juga merupakan langkah yang paling berisiko, karena dikhawatirkan akan menyulut kemarahan milisi dan membuat marah Teheran.

Menyerang aset atau pemimpin Iran di luar negeri mungkin lebih cocok. AS melakukan hal itu pada tahun 2020, ketika membunuh pemimpin Pasukan Quds Jenderal Qassem Soleimani, dengan serangan pesawat tak berawak di Irak, sebagai tanggapan atas serangan terhadap pangkalan AS di sana dan serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Bagdad.

Iran menanggapinya dengan meluncurkan rentetan rudal balistik ke pangkalan udara Al-Asad di Irak, melukai puluhan tentara AS, dan sebagian besar menderita cedera otak traumatis.

Mantan pejabat intelijen Israel dan analis Timur Tengah Avi Melamed mengatakan Iran memiliki proyek investasi militer bernilai miliaran dolar di Suriah dan dengan menyerang proyek-proyek tersebut, AS dapat menghukum Teheran tanpa peningkatan ancaman serangan langsung terhadap Iran. Salah satu contohnya, katanya, adalah sebuah kompleks besar di dekat Boukamal yang digunakan untuk penyimpanan rudal balistik. AS sebelumnya telah menyerang fasilitas di sana sebagai tanggapan terhadap serangan milisi.

“Tidak ada kekurangan target militer (di Suriah) yang dapat ditargetkan oleh pemerintah Amerika dan menyebabkan kerusakan signifikan pada rezim Iran,” kata Melamed.


2. Menarget Proksi Iran

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Melansir Arab News, langkah yang paling mungkin dilakukan adalah dengan kembali menyerang milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah. Hingga Selasa, kelompok-kelompok tersebut telah melancarkan 166 serangan terhadap instalasi militer AS sejak 18 Oktober, termasuk 67 serangan di Irak, 98 serangan di Suriah dan sekarang satu serangan di Yordania, menurut seorang pejabat militer AS.

Pada hari Selasa, salah satu kelompok milisi utama yang didukung Iran, Kataib Hizbullah, mengumumkan dalam sebuah pernyataan “penangguhan operasi militer dan keamanan terhadap pasukan pendudukan” di Irak, mengacu pada pasukan AS. Kelompok tersebut, yang oleh para pejabat AS dianggap sebagai tersangka utama dalam serangan Yordania, mengatakan penangguhan tersebut dilakukan untuk “mencegah rasa malu bagi pemerintah Irak.”

Sebagai tanggapan, Mayjen Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, mengatakan “tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata.”

Serangan terhadap pasukan AS telah menempatkan pemerintah Irak dalam posisi yang canggung. Perdana Menteri Mohammed Shia Al-Sudani diangkat ke tampuk kekuasaan oleh faksi-faksi sekutu Iran namun ia juga berupaya menjaga hubungan baik dengan AS.

AS telah menyerang balik milisi hanya beberapa kali sejak 27 Oktober. Pada hari itu, jet tempur AS menyerang dua lokasi penyimpanan senjata dan amunisi di Suriah dekat Boukamal yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran dan kelompok yang didukung Iran. Pada 8 November, jet tempur menjatuhkan bom di fasilitas penyimpanan senjata IRGC dekat Maysulun di Deir Ezzor.

Pada 12 November, serangan udara AS menargetkan fasilitas pelatihan dan rumah persembunyian di distrik Bulbul, Mayadin. Pada tanggal 26 Desember, AS melancarkan serangan di tiga lokasi di Irak yang digunakan oleh Kataib Hizbullah dan kelompok afiliasinya, dan pada tanggal 23 Januari, AS menyerang tiga lokasi di Irak, sekali lagi menargetkan Kataib Hezbollah

3. Perang Terbuka dengan Iran

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Di Capitol Hill, anggota parlemen menuntut pembalasan.

Anggota Kongres Hawkish mengatakan Biden harus secara langsung menargetkan Teheran atas serangan mematikan di pangkalan di Yordania.

Senator Lindsay Graham, R-S.C., mengatakan bahwa menyerang proksi Iran tidak menghalangi mereka dan dia meminta pemerintahan Biden “untuk menyerang sasaran-sasaran penting di Iran, tidak hanya sebagai pembalasan atas terbunuhnya pasukan kita, tetapi juga sebagai pencegahan terhadap serangan terhadap proksi Iran.”

Yang lain mengatakan AS harus menyerang IRGC dan Pasukan Quds, yang tersebar di seluruh wilayah.

Namun sebagian besar memilih untuk menahan diri, dan mengatakan bahwa pemerintah harus mengambil pendekatan strategis dan bijaksana untuk menghindari meningkatnya ketegangan dan menyeret Amerika ke dalam perang lain pada tahun pemilu.

“Konfrontasi langsung dengan Iran pasti akan menyebabkan kematian lebih banyak anggota militer AS dan dapat dengan mudah berkembang menjadi konflik regional,” kata anggota Kongres Sara Jacobs, D-Calif., dalam sebuah pernyataan.

Deskripsi Gedung Putih tentang “pendekatan berjenjang” dapat menunjukkan bahwa respons yang diberikan tidak hanya bersifat militer. Dan hal ini juga mungkin mencerminkan kekhawatiran bahwa anggota kelompok milisi dilaporkan bersembunyi, yang dapat mempersulit AS untuk menemukan dan menyerang komandan senior atau lokasi-lokasi penting. Akibatnya, AS mungkin perlu mengubah responsnya selama beberapa hari agar dapat menemukan dan menyempurnakan target dengan lebih baik.

Ada pula yang berpendapat bahwa respons yang kurang besar akan membuat AS terlihat lemah.

“Ketika mereka mendengar proporsionalitas, masuk akal, moderat, 'kami tidak menginginkan perang regional,' kedengarannya bagus di Davos, namun musuh kami melihatnya sebagai kelemahan dan lampu hijau untuk agresi,” kata Bradley Bowman, direktur senior di Yayasan Pertahanan Demokrasi.

4. Sanksi Ekonomi

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Melansir Arab News, pilihan non-militer selalu berupa sanksi ekonomi – sebuah hukuman yang sering digunakan oleh pemerintahan Biden dan para pendahulunya.

Senator Jim Risch, petinggi Partai Republik di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengatakan pemerintah “harus mengadopsi kebijakan Iran yang berfokus pada membebankan biaya ekonomi dan militer yang berarti pada rezim tersebut.”

AS dapat meningkatkan sanksi yang bertujuan untuk memutus aliran dana ke Iran dan proksinya, khususnya di Irak. Pemerintah telah menjatuhkan sanksi terhadap beberapa milisi Irak – terutama Kataib Hizbullah – serta bisnis yang diyakini menyalurkan dolar ke milisi atau ke Iran.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)