4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Rabu, 31 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Iran menanggapinya dengan meluncurkan rentetan rudal balistik ke pangkalan udara Al-Asad di Irak, melukai puluhan tentara AS, dan sebagian besar menderita cedera otak traumatis.

Mantan pejabat intelijen Israel dan analis Timur Tengah Avi Melamed mengatakan Iran memiliki proyek investasi militer bernilai miliaran dolar di Suriah dan dengan menyerang proyek-proyek tersebut, AS dapat menghukum Teheran tanpa peningkatan ancaman serangan langsung terhadap Iran. Salah satu contohnya, katanya, adalah sebuah kompleks besar di dekat Boukamal yang digunakan untuk penyimpanan rudal balistik. AS sebelumnya telah menyerang fasilitas di sana sebagai tanggapan terhadap serangan milisi.

“Tidak ada kekurangan target militer (di Suriah) yang dapat ditargetkan oleh pemerintah Amerika dan menyebabkan kerusakan signifikan pada rezim Iran,” kata Melamed.


2. Menarget Proksi Iran

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters

Melansir Arab News, langkah yang paling mungkin dilakukan adalah dengan kembali menyerang milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah. Hingga Selasa, kelompok-kelompok tersebut telah melancarkan 166 serangan terhadap instalasi militer AS sejak 18 Oktober, termasuk 67 serangan di Irak, 98 serangan di Suriah dan sekarang satu serangan di Yordania, menurut seorang pejabat militer AS.

Pada hari Selasa, salah satu kelompok milisi utama yang didukung Iran, Kataib Hizbullah, mengumumkan dalam sebuah pernyataan “penangguhan operasi militer dan keamanan terhadap pasukan pendudukan” di Irak, mengacu pada pasukan AS. Kelompok tersebut, yang oleh para pejabat AS dianggap sebagai tersangka utama dalam serangan Yordania, mengatakan penangguhan tersebut dilakukan untuk “mencegah rasa malu bagi pemerintah Irak.”

Sebagai tanggapan, Mayjen Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, mengatakan “tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata.”

Serangan terhadap pasukan AS telah menempatkan pemerintah Irak dalam posisi yang canggung. Perdana Menteri Mohammed Shia Al-Sudani diangkat ke tampuk kekuasaan oleh faksi-faksi sekutu Iran namun ia juga berupaya menjaga hubungan baik dengan AS.

AS telah menyerang balik milisi hanya beberapa kali sejak 27 Oktober. Pada hari itu, jet tempur AS menyerang dua lokasi penyimpanan senjata dan amunisi di Suriah dekat Boukamal yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran dan kelompok yang didukung Iran. Pada 8 November, jet tempur menjatuhkan bom di fasilitas penyimpanan senjata IRGC dekat Maysulun di Deir Ezzor.

Pada 12 November, serangan udara AS menargetkan fasilitas pelatihan dan rumah persembunyian di distrik Bulbul, Mayadin. Pada tanggal 26 Desember, AS melancarkan serangan di tiga lokasi di Irak yang digunakan oleh Kataib Hizbullah dan kelompok afiliasinya, dan pada tanggal 23 Januari, AS menyerang tiga lokasi di Irak, sekali lagi menargetkan Kataib Hezbollah

3. Perang Terbuka dengan Iran

4 Opsi Serangan Balasan AS ke Iran, dari Perang Terbuka hingga Menarget Proksi

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)