Takut Perang Dunia III Pecah, Warga Jerman Diminta Bangun Bunker Sendiri

Minggu, 28 Januari 2024 - 20:40 WIB
loading...
Takut Perang Dunia III Pecah, Warga Jerman Diminta Bangun Bunker Sendiri
Warga Jerman diminta membangun bunker sendiri. Foto/Reuters
A A A
BERLIN - Warga Jerman diperkirakan akan mengubah rumah mereka menjadi tempat perlindungan bom jika terjadi perang besar di Eropa. Itu dilaporkan surat kabar Bild melaporkan pada Sabtu (28/1/2024) berdasarkan mengutip rancangan dokumen dari Kementerian Pertahanan.

Menurut laporan tersebut, Kementerian Pertahanan Jerman akan menyelesaikan pekerjaan pada ‘Rencana Operasional’ (OPLAN) yang diklasifikasikan pada bulan April. Rancangan tersebut membayangkan Jerman sebagai “negara transit” yang penting untuk pengiriman senjata dan peralatan, dibandingkan sebagai negara dengan garis depan yang aktif. Oleh karena itu tentara akan ditugaskan mengamankan jalan raya utama, stasiun kereta api dan pelabuhan.

Pada saat yang sama, pemerintah harus bergantung pada warga sipil untuk turun tangan dan melaksanakan beberapa tugas yang biasanya diberikan kepada militer dan polisi, termasuk perlindungan pembangkit listrik.



Hanya ada 579 tempat perlindungan bom yang berfungsi di Jerman, sehingga menurut rencana tersebut warga akan mendirikan tempat perlindungan mereka sendiri di tempat-tempat seperti ruang bawah tanah dan garasi. Bild mengutip kepala Kantor Federal untuk Perlindungan Sipil dan Bantuan Bencana, Ralph Tiesler, yang mengatakan bahwa pembangunan tempat penampungan baru “tidak lagi memungkinkan” karena keterbatasan waktu.

Jerman telah mencari cara untuk meningkatkan jumlah tentaranya, dengan alasan ancaman yang berasal dari konflik Rusia-Ukraina. Pemerintah telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah tentara Bundeswehr dari 183.000 tentara menjadi 203.000 pada tahun 2031.

Menteri Pertahanan Boris Pistorius bulan ini menyatakan bahwa Rusia dapat menyerang negara NATO “dalam waktu lima hingga delapan tahun.” Dia kemudian menyesuaikan penilaiannya, dan mengatakan kepada Bild pada hari Jumat, “Saat ini, saya tidak melihat adanya bahaya serangan Rusia terhadap wilayah NATO atau negara mitra NATO mana pun.”

Rusia telah berulang kali menuduh NATO menimbulkan rasa takut dan memicu ketegangan di Eropa. Kepala Badan Intelijen Luar Negeri Rusia, Sergey Naryshkin, baru-baru ini menolak klaim bahwa Moskow merencanakan serangan terhadap NATO dan menyebutnya sebagai “perang informasi.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)