Ini Penyebab Utama Kalahnya Pasukan Ukraina dalam Perang Melawan Rusia

Minggu, 28 Januari 2024 - 15:31 WIB
loading...
Ini Penyebab Utama Kalahnya Pasukan Ukraina dalam Perang Melawan Rusia
Korupsi menjadi penyebab utama kekalahan tentara Ukraina dalam perang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Dinas keamanan SBU Ukraina pada Sabtu (28/1/2024) mengatakan pihaknya telah mengungkap skema korupsi dalam pembelian senjata oleh militer negara itu dengan total nilai sekitar USD40 juta.

Pengumuman mengenai korupsi pengadaan massal, yang dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Ukraina, akan mendapat tanggapan besar di negara yang terkepung oleh invasi Rusia selama hampir dua tahun.

Perjuangan untuk memberantas korupsi yang mewabah masih menjadi isu utama ketika Ukraina terus berupaya untuk mendapatkan keanggotaan di Uni Eropa.

SBU mengatakan penyelidikan telah "mengungkap pejabat Kementerian Pertahanan dan manajer pemasok senjata Lviv Arsenal, yang mencuri hampir 1,5 miliar hryvnia dalam pembelian peluru."

"Menurut penyelidikan, mantan dan pejabat tinggi Kementerian Pertahanan serta pimpinan perusahaan afiliasi terlibat dalam penggelapan tersebut."

Penggelapan tersebut, katanya, melibatkan pembelian 100.000 mortir untuk militer.

SBU mengatakan kontrak untuk cangkang tersebut telah disepakati dengan Lviv Arsenal pada Agustus 2022 – enam bulan setelah perang – dan pembayaran dilakukan di muka, dengan sejumlah dana ditransfer ke luar negeri.

Namun tidak ada senjata yang diberikan, kata pernyataan itu, dan sebagian dana kemudian dipindahkan ke rekening luar negeri lainnya.



Pernyataan itu mengatakan lima orang telah menerima “pemberitahuan kecurigaan” – tahap pertama dalam proses hukum Ukraina – baik di kementerian maupun pemasok senjata. Salah satu tersangka, katanya, ditahan ketika mencoba melintasi perbatasan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)