3 Negara yang Pernah Perang dengan Pakistan, Salah Satunya Jadi Musuh Bebuyutan

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:22 WIB
loading...
3 Negara yang Pernah Perang dengan Pakistan, Salah Satunya Jadi Musuh Bebuyutan
Ada tiga negara yang pernah perang dengan Pakistan, salah satunya telah menjadi musuh bebuyutan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada tiga negara yang pernah berperang dengan Pakistan sepanjang sejarah berdirinya negara Islam tersebut. Salah satunya telah menjadi musuh bebuyutan.

Pakistan merupakan negara di kawasan Asia Selatan. Beribu kota di Islamabad, negara ini merdeka pada 1947.

Seejak didirikan, Pakistan telah beberapa kali terlibat konflik bersenjata. Tak selalu menjadi pihak utama, ia sesekali berperan sebagai pendukung pihak yang berkonflik.



Negara yang Pernah Perang dengan Pakistan

1. Afghanistan


Afghanistan menjadi salah satu negara yang paling lantang untuk menentang berdirinya Negara Pakistan. Kabul bahkan memberi suara menolak ketika Islamabad akan masuk menjadi anggota PBB sebagai negara berdaulat.

Pakistan telah beberapa kali terlibat konflik dengan Afghanistan. Salah satu konflik yang terkenal adalah Bajaur Campaign.

Berlangsung antara 1960-1961, konflik ini terjadi di sekitar Distrik Bajaur, Pakistan. Penyebabnya adalah Afghanistan mengirim tentara untuk menduduki wilayah strategis Khyber Pakhtunkhwa.

Invasi Afghanistan akhirnya terhenti setelah militer Pakistan melancarkan serangan udara menuju provinsi Kunar. Pada perang ini, masing-masing pihak diduga secara aktif mendapat dukungan dari negara lain, yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat.

2. Yaman


Republik Yaman pernah terbagi atas dua, yaitu Yaman Utara dan Yaman Selatan. Di antara keduanya, Yaman Selatan diketahui mengadopsi ideologi komunis.

Yaman Selatan pernah berperang dengan sejumlah negara Arab. Salah satunya adalah Arab Saudi yang didukung Pakistan pada Perang Al-Wadiah tahun 1969.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)