Biden Akui Serangan Udara AS Gagal Hentikan Houthi Yaman Hadang Kapal

Jum'at, 19 Januari 2024 - 19:45 WIB
loading...
A A A
Kelompok pejuang tersebut menyerang kapal kontainer milik AS dengan rudal balistik pada Senin dan kapal milik Yunani yang menuju Israel pada Selasa, sebelum menyerang kapal milik AS pada Rabu.

Pasukan Houthi telah menyerang puluhan kapal komersial sejak awal perang Israel-Hamas, dan bersumpah akan terus melanjutkannya sampai perang berakhir dan blokade Israel di Gaza dicabut.

Meskipun para pejuang pada awalnya mengatakan bahwa mereka hanya akan menargetkan kapal-kapal yang “berhubungan dengan Israel” atau kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel, juru bicara Houthi mengatakan pekan ini bahwa untuk satu kapal yang menjadi sasaran, “kapal tersebut cukup milik Amerika.”

Sekitar 15% lalu lintas pelayaran dunia menggunakan Laut Merah dan Terusan Suez untuk melakukan perjalanan antara laut Arab dan Mediterania.

Menanggapi serangan Houthi, perusahaan transportasi besar, termasuk Maersk, MSC, CMA CGM, dan Hapag-Lloyd telah mengubah rute kapal mereka di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan, rute yang jauh lebih panjang antara Asia dan Eropa.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)