Siapa Front Pembebasan Baloch? Kelompok Separatis yang Menjadi Target Serangan Militer Pakistan

Kamis, 18 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Siapa Front Pembebasan Baloch? Kelompok Separatis yang Menjadi Target Serangan Militer Pakistan
Front Pembebasan Baloch menjadi musuh Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pakistan telah melakukan serangan udara terhadap Front Pembebasan Baloch (BLF), kelompok separatis di Iran. Itu menjadi langkah terbaru dalam ketegangan setelah serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran di provinsi perbatasan Balochistan di negara Asia Selatan itu.

Siapa Front Pembebasan Baloch? Kelompok Separatis yang Menjadi Target Serangan Militer Pakistan

1. Memperjuangkan Kemerdekaan Negara Balochistan

Front Pembebasan Baloch (BLF), yang oleh seorang pejabat intelijen disebut sebagai target serangan Pakistan di Iran, mengupayakan kemerdekaan untuk provinsi Balochistan di Pakistan barat.

Militan etnis Baloch telah berjuang melawan pemerintah selama beberapa dekade untuk membentuk negara bagian yang terpisah, dengan mengatakan bahwa pemerintah pusat secara tidak adil mengeksploitasi sumber daya gas dan mineral yang kaya di provinsi Balochistan, yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran.

2. Menarget Proyek Strategis

BLF adalah salah satu pemberontak yang sering menargetkan proyek gas, infrastruktur dan pos keamanan di sana, namun mulai melancarkan serangan di wilayah lain di Pakistan.

Mereka juga menyerang proyek-proyek China, dan kadang-kadang membunuh pekerja China meskipun ada jaminan dari Pakistan bahwa mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk melindungi proyek-proyek China.


3. Menguasai Wilayah yang Luas dan Kaya Sumber Daya

Melansir Reuters, provinsi yang luas dan berpenduduk sekitar 15 juta orang ini sebagian besar berupa gurun gersang dan wilayah pegunungan yang menyimpan kekayaan mineral yang belum dimanfaatkan.

Ini adalah provinsi terbesar di Pakistan berdasarkan luasnya, namun terkecil berdasarkan jumlah penduduk. Negara ini berbatasan dengan provinsi Sistan-Baluchestan di Iran, tempat Pakistan melancarkan serangannya.

Ratusan pengunjuk rasa Baloch, banyak di antaranya perempuan, melakukan protes di ibu kota Pakistan, Islamabad dalam beberapa pekan terakhir, melontarkan tuduhan perlakuan kejam terhadap orang-orang di provinsi tersebut, termasuk penghilangan paksa dan pembunuhan di luar proses hukum.

4. Menganggu Koridor Ekonomi China dan Pakistan

Balochistan adalah lokasi penting dalam Koridor Ekonomi China Pakistan (CPEC) yang bernilai miliaran dolar, yang merupakan bagian dari inisiatif Belt and Road yang dicanangkan Presiden Xi Jinping.

Tiongkok telah melaksanakan proyek pertambangan dan membangun bandara internasional serta pelabuhan di kota pesisir selatan provinsi Gwadar.

Penambang Kanada Barrick Gold, membuka tab baru, memiliki 50% saham di tambang Reko Diq di distrik provinsi Chagai, dan sisanya dimiliki oleh pemerintah Pakistan dan provinsi tersebut. Barrick menganggap tambang tersebut sebagai salah satu lokasi tembaga dan emas terbelakang terbesar di dunia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)