5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Kamis, 18 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Dia adalah Muhammad Anwar al-Sadat, lahir pada tahun 1918, dia bergabung dengan Perguruan Tinggi Militer dan kemudian bergabung dengan Organisasi Perwira Bebas, dan inilah yang membantu mereka berkontribusi pada kemerdekaan Mesir dari kekuasaan Ottoman.

Selain itu, ia merupakan penguasa ketiga Mesir setelah Mohamed Naguib dan Gamal Abdel Nasser. Presiden Gamal Abdel Nasser adalah salah satu pemimpin Arab masa lalu yang dipilih sebagai wakilnya pada masa pemerintahannya. Dia menjabat sebagai presiden pada tahun 1970.

Ia memiliki banyak jabatan politik yang menunjukkan kecerdasan dan kecanggihan politiknya. Selain itu, ia dipuji karena memulihkan Semenanjung Sinai setelah agresi tripartit terhadap Mesir dan kemundurannya, namun ia berhasil dalam perang gemilang 6 Oktober pada tahun 1973 untuk memulihkan tanah yang diduduki dan menarik perhatian dunia terhadap kekuatan tentara Mesir.

Dia adalah orang pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel, yang didukung oleh beberapa pihak dan juga ditentang oleh banyak orang, namun dia memiliki pandangan politik mengenai hal ini. Dia dibunuh selama perayaan Oktober tahun 1981.

5. Yaser Arafat

5 Pemimpin Negara Arab yang Terkenal

Foto/Wikipedia

Dia adalah salah satu pemimpin Arab terpenting yang menghabiskan seluruh hidupnya berjuang melawan pendudukan Israel di Palestina. Ia lahir pada tahun 1929. Namanya Muhammad Abd al-Raouf Arafat al-Kidwa al-Husayni.

Selain itu, ia dijuluki Abu Ammar al-Bakhtiar. Dia membuat banyak perjanjian dan melakukan segala daya untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)