Pangeran Arab Saudi: Kerajaan Akan Akui Negara Israel Jika....

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Sebelum dimulainya perang Gaza pada tanggal 7 Oktober, baik pemimpin Israel maupun Arab Saudi telah mengisyaratkan bahwa mereka terus bergerak menuju pembentukan hubungan diplomatik yang dapat mengubah Timur Tengah.

Palestina menginginkan sebuah negara di wilayah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967, dengan Yerusalem Timur yang diduduki sebagai ibu kotanya. Negosiasi yang disponsori AS dengan Israel untuk mencapai tujuan tersebut terhenti lebih dari satu dekade lalu.

Di antara rintangan yang dihadapi adalah pemukiman Israel di tanah yang diduduki, dan perselisihan antara otoritas Palestina yang didukung Barat dan Hamas yang menolak hidup berdampingan dengan Israel.

“Ada jalan menuju masa depan yang lebih baik bagi kawasan ini, bagi Palestina, dan bagi Israel, yaitu perdamaian, dan kami berkomitmen penuh untuk mewujudkannya,” kata Pangeran Faisal.

"...gencatan senjata di semua pihak harus menjadi titik awal bagi perdamaian permanen dan berkelanjutan, yang hanya dapat terjadi melalui keadilan terhadap rakyat Palestina."

Pemerintahan sayap kanan Israel telah mengecilkan prospek mereka memberikan konsesi yang signifikan kepada Palestina sebagai bagian dari potensi kesepakatan normalisasi dengan Arab Saudi.

Perang di Gaza dimulai ketika Hamas menyerbu Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.139 orang dan menyandera 240 orang. Israel mengatakan lebih dari 130 orang masih ditahan.

Hamas mengatakan serangan itu terjadi sebagai respons terhadap blokade Israel selama beberapa dekade di Gaza dan agresi terhadap rakyat Palestina, baik di wilayah kantong yang terkepung maupun wilayah pendudukan.

Pengepungan, pengeboman, dan invasi darat Israel ke Gaza sejak 7 Oktober telah menghancurkan wilayah pesisir kecil tersebut dan menewaskan lebih dari 24.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Perang ini telah menimbulkan kekhawatiran akan ketidakstabilan regional yang lebih luas. Hizbullah Lebanon yang didukung Iran sering bentrok di sepanjang perbatasan dengan Israel, sementara milisi pro-Iran menyerang sasaran AS di Irak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)