Inggris: Perang Dunia III Bisa Pecah 5 Tahun Lagi Melawan Rusia, China, Iran, Korut

Kamis, 18 Januari 2024 - 08:48 WIB
loading...
A A A
AS dan sekutu-sekutunya, termasuk Inggris, melakukan pembalasan terhadap Houthi atas serangan mereka terhadap rute pelayaran internasional, yang diklaim oleh Houthi sebagai pembalasan atas operasi Israel di Jalur Gaza-–sebuah domino lain dalam rantai konflik yang sudah rapuh di wilayah tersebut.

Shapps secara langsung membahas konflik tersebut, memuji Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang "brilian" karena mempertahankan diri dan jalur pelayaran dari serangan Houthi yang jumlahnya semakin meningkat dan tidak dapat ditoleransi.

“Awal bulan ini, dunia mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada Houthi yang didukung Iran: Akhiri tindakan ilegal dan tidak dapat dibenarkan. Berhentilah mempertaruhkan nyawa orang yang tidak bersalah. Berhentilah mengancam perekonomian global,” tegas Shapps.

“Peringatan kami sangat jelas, namun mereka memilih untuk mengabaikannya,” katanya, merujuk pada kelompok Houthi, seraya menambahkan bahwa respons tegas di Laut Merah akan berfungsi sebagai "cetak biru" langsung bagaimana Inggris harus melanjutkan upayanya untuk menghentikan konflik di Laut Merah.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)