Pejuang Hamas Kuasai Wilayah Gaza yang Ditinggalkan Tentara Israel

Rabu, 17 Januari 2024 - 19:30 WIB
loading...
Pejuang Hamas Kuasai...
Wilayah Gaza yang ditinggal tentara Israel dikuasai pejuang Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para pejuang Hamas telah menguasai wilayah yang ditinggalkan Israel. Namun, Tank-tank Israel menyerbu kembali ke bagian utara Jalur Gaza yang mereka tinggalkan pekan lalu.

Itu memicu kembali pertempuran paling intens sejak Tahun Baru ketika Israel mengumumkan pihaknya mengurangi operasinya di sana.

Ledakan besar terlihat di wilayah utara Gaza dari seberang perbatasan dengan Israel – hal yang jarang terjadi selama dua minggu terakhir setelah Israel mengumumkan penarikan pasukan di utara sebagai bagian dari transisi ke operasi yang lebih kecil dan tertarget.

Deru tembakan bergema melintasi perbatasan sepanjang malam. Di pagi hari, jejak spiral meliuk-liuk di langit saat pertahanan Iron Dome Israel menembak jatuh roket yang ditembakkan oleh militan melintasi pagar – bukti bahwa mereka masih mampu meluncurkannya meskipun terjadi perang lebih dari 100 hari.

Israel mengatakan pasukannya telah membunuh puluhan pejuang Hamas semalaman dalam bentrokan di Beit Lahiya di pinggiran utara Gaza. Otoritas kesehatan Gaza mengatakan pemboman Israel selama 24 jam terakhir telah menewaskan 158 orang di wilayah kantong Palestina, sehingga menambah jumlah korban jiwa dalam perang tersebut, yang kini memasuki bulan keempat, menjadi 24.285 orang, dan ribuan orang lainnya dikhawatirkan hilang di reruntuhan.



Pergeseran ini dimulai dengan kemunduran di wilayah utara. Menteri Pertahanan Yoav Gallant juga mengatakan pada hari Senin bahwa serangan darat baru-baru ini di wilayah selatan akan segera berakhir.

Namun meredakan perang tampaknya masih merupakan sebuah tantangan berat, dimana Israel mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan berhenti sampai Hamas dilenyapkan dan para militan tidak menunjukkan tanda-tanda kehilangan kemampuan untuk melawan.

Israel Ziv, seorang pensiunan jenderal yang sebelumnya memimpin pasukan Israel di Gaza, mengatakan kepada Reuters bahwa 10-15% dari korps roket Hamas sebelum perang yang berjumlah sekitar 1.000 personel diyakini masih hidup, dengan sekitar 2.000 roket tersisa untuk ditembakkan.

Israel melancarkan perang untuk memberantas Hamas setelah militan menyerbu pagar perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)