Mungkinkan Perang Irak dan Iran Akan Kembali Terjadi?

Rabu, 17 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Mungkinkan Perang Irak dan Iran Akan Kembali Terjadi?
Serangan Iran ke wilayah Irak memicu ketegangan kedua negara. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Serangan rudal Iran terhadap sasaran di Irak utara memicu perselisihan yang tidak biasa antara dua negara tetangga. Baghdad memanggil duta besarnya sebagai protes dan Teheran bersikeras bahwa serangan itu dimaksudkan untuk mencegah ancaman dari mata-mata Israel.

Garda Revolusi Iran menyerang apa yang mereka sebut sebagai pusat spionase Israel di wilayah semi-otonom Kurdistan Irak. Sementara pasukan elite Iran mengatakan mereka juga melakukan serangan di Suriah untuk melawan ISIS.

Serangan tersebut tampaknya akan memperdalam kekhawatiran mengenai memburuknya ketidakstabilan di Timur Tengah sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober, dimana sekutu Iran juga ikut terlibat dalam konflik tersebut dari Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman.

Ada juga kekhawatiran bahwa Irak akan kembali menjadi arena konflik regional setelah serangkaian serangan AS terhadap kelompok militan terkait Iran yang juga merupakan bagian dari pasukan keamanan formal Irak. Serangan-serangan tersebut terjadi sebagai respons terhadap puluhan serangan terhadap pasukan AS di wilayah tersebut yang dilakukan sejak 7 Oktober.

Garda Revolusi Iran mengatakan serangan Senin malam itu, serangan militer langsung pertama Iran di wilayah yang terkait dengan perang Gaza, merupakan respons terhadap “kekejaman” Israel terhadap beberapa komandannya dan pasukan sekutu Iran di Timur Tengah sejak konflik dimulai.

Mungkinkan Perang Irak dan Iran Akan Kembali Terjadi?

1. Irak Sebut Iran Sudah Melakukan Agresi Militer

Mungkinkan Perang Irak dan Iran Akan Kembali Terjadi?

Foto/Reuters

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani mengatakan serangan itu merupakan "agresi yang jelas" terhadap Irak dan perkembangan berbahaya yang merusak hubungan kuat antara Teheran dan Baghdad, media pemerintah melaporkan.

Dia mengatakan Irak mempunyai hak untuk mengambil semua tindakan hukum dan diplomatik yang diberikan kepadanya berdasarkan kedaulatannya. Sebagai protes, Irak menarik utusannya dari Teheran dan memanggil kuasa usaha Iran di Bagdad.


2. Memicu Kemarahan Rakyat Kurdi

Serangan tersebut, yang terjadi di kawasan perumahan dekat konsulat AS di ibu kota Kurdistan, Erbil, digambarkan oleh Perdana Menteri Kurdi Irak Masrour Barzani sebagai "kejahatan terhadap rakyat Kurdi" yang menewaskan sedikitnya empat warga sipil dan enam lainnya luka-luka.

Pengusaha multijutawan Kurdi Peshraw Dizayee dan beberapa anggota keluarganya termasuk di antara korban tewas, tewas ketika setidaknya satu roket menghantam rumah mereka, kata sumber keamanan dan medis Irak.

Penasihat Keamanan Nasional Irak Qasim al-Araji membantah rumah itu adalah pusat mata-mata Israel. “Untuk menanggapi klaim bahwa ada markas Mossad, kami mengunjungi tempat itu dan mengunjungi setiap sudut rumah ini, dan semuanya menunjukkan bahwa itu adalah rumah keluarga milik seorang pengusaha Irak dari Erbil,” katanya kepada wartawan.

3. Israel Berusaha Mengadu Domba

Mungkinkan Perang Irak dan Iran Akan Kembali Terjadi?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)