Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Rabu, 12 Agustus 2020 - 08:00 WIB
loading...
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia
Noosa main beach, Queensland
A A A
Pantai dengan segenap pemandangan di dalamnya tak pernah gagal membangkitkan suasana rileks yang menyenangkan. Bagi pecinta wisata pantai, pantai juga memberi sensasi petualangan mengasyikkan.

Bila Anda yang menggemari pantai, keindahan pantai-pantai di Australia tidak boleh dilewatkan. Karena pantai-pantai di negara benua itu memiliki lanskap yang beragam, mulai dari semak belukar hingga hutan hujan yang akan memberi semua yang Anda inginkan. Anda tinggal memilih atau merasakan semuanya. Belum lagi jenis-jenis pasir dan gugusan terumbu karangnya yang menakjubkan.

Selalu ada kota kecil yang tak jauh dari pantai-pantai di Australia. Kota-kota kecil ini sangat lengkap menyediakan fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari akomodasi maupun transportasi, sehingga Anda merasa nyaman saat menikmati liburan.
Bila Anda memulai dari Queensland, mampirlah di Noosa, di Sunshine Coast. Noosa dikelilingi pantai yang memukau, danau, taman nasional, dan kawasan nan hijau Noosa National Park. Sangat tepat untuk bertualang. Mulai dari belajar berselancar atau mencoba papan kayuh berdiri; berlayar di indahnya perairan Laguna Bay; berkayak di Noosa Everglades; ikuti pesiar melihat matahari terbenam, atau berenang bersama paus bungkuk. Untuk Anda yang menginginkan pengalaman lebih santai, Noosa adalah rumah bagi spa harian yang menyenangkan, kursus golf kelas dunia, wisata belanja penuh gaya, dan aneka hidangan lezat.

Noosa berlokasi 90 menit berkendara ke arah utara Brisbane. Bandara terdekat dengan Noosa adalah Sunshine Coast Airport yang melayani banyak penerbangan harian dari sebagian besar kota-kota besar di Australia. Noosa berada sekitar 35 menit berkendara ke arah utara bandara.

Noosa National Park ideal untuk berjalan kaki dengan banyaknya pilihan jalur jalan kaki dari yang mudah hingga sedang. Coastal Track dari Noosa ke Dolphin Point adalah jalur jalan kaki mudah sejauh satu kilometer (0,6 mil). Jika Anda sedang bugar, lanjutkan sejauh empat kilometer (2,5 mil) ke Sunshine Beach. Anda dapat naik bus untuk kembali ke kota jika Anda tidak mau berjalan. Banyak binatang asli, seperti koala, hidup di taman ini dan Anda akan sering melihat penyu laut dan lumba-lumba berenang di sepanjang pesisir pantai. Anda juga bisa memancing di Noosaville, desa tepi pantai yang menyenangkan berpusat di sekitar perairan Noosa River yang berkilauan.

Jika Anda menginginkan anggur yang lezat sambil menyimak musik yang menyenangkan, maka jangan lewatkan festival makanan dan anggur premier Noosa. Noosa Food & Wine Festival menjadi tuan rumah selama lebih dari lima hari, memasak menu brunch di tepi pantai yang luar biasa, makan malam koki selebriti, demonstrasi memasak langsung, dan pesta di bawah langit berbintang. Kunjungi Festival Village untuk menikmati bir yang dibuat dalam skala kecil, koktail yang sudah diakui oleh ahli mixologi, dan dan penampilan koki profesional berdampingan dengan musik langsung dan suasana yang ramai.

Di Victoria Anda akan menjumpai Kota Pesisir Apollo Bay yang terletak di perbukitan The Otways. Tempat ini penuh dengan air terjun, pepohonan pakis, dan sungai berair jernih. Anda yang gemar alam bebas, ini lokasi yang paling recommended. Tak cukup sehari menikmati Apollo Bay yang tak sekadar menawarkan pantai, tapi toko-toko cinderamata, galeri, dan kedai teh serta banyak pilihan kuliner.

Mampirlah di desa Apollo Bay yang indah yang terletak di perbukitan The Otways. Jelajahi perairan laut selatan, pantai dan hutan hujan yang penuh dengan air terjun, pakis, dan aliran air jernih. Di Kota pesisir ini Anda bisa menyelam, berselancar, dan mendayung di perairan pantai yang masih asli. Menikmati matahari terbenam di pantai dengan menunggang kuda, toko cinderamata, galeri dan kedai teh bersama dengan kelezatan kuliner yang tak terhitung jumlahnya.
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Camel ride on the beach in Broome

Kota Broome dan pantainya ada di Australia barat. Meskipun kecil, kota ini dihuni masyarakat yang multikultur nan ramah. Broome juga kota yang memiliki warisan budaya yang kaya, dengan banyak monumen Aborigin dan tempat-tempat menarik yang tersebar di sekitar kota. Pantai di Broome masih asri dan tak berbatu.

Kalau mau menikmati pemandangan teluk tentu saja di New South Wales. Di sini ada teluk dan pantai Byron yang menawarkan suasana santai. Teluk Byron dengan pantainya yang terletak di utara New South Wales ini, merupakan destinasi berselancar, snorkeling, kayak dan menyelam.
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Saltywings North Bondi

Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Heading to the beach in Huskisson, Jervis Bay

Sulit untuk menghindari pesona pasir bertekstur halus dan perairan jernih berwarna biru kehijau-hijauan di Jervis Bay, South Coast, New South Wales. Pantai-pantainya masuk ke dalam jajaran pantai teraman dan terindah di Australia. Jervis Bay menguarkan pesona musim panas dengan menawarkan kesempatan menyelam skuba yang seru, pesiar melihat paus dan lumba-lumba, singgah di bumi perkemahan hutan semak yang menakjubkan, serta pedesaan tepi pantai yang tenang.

Jervis Bay berada di kawasan Shoalhaven, New South Wales, yang berjarak sekitar tiga jam perjalanan dengan berkendara ke selatan Sydney. Layanan antar-jemput dari pintu ke pintu beroperasi di antara Bandara Sydney dan South Coast setiap hari. Kereta dari Sydney beroperasi ke Nowra dan destinasi lainnya yang berada di South Coast.

Pantai berpasir putih Jervis Bay merupakan destinasi wisata musim panas tersohor di Australia, dan Hyams Beach adalah salah satu atraksi utamanya. Inilah pantai keluarga yang aman serta menghadirkan sejuta keelokan. Tempat ini bisa jadi ramai pada musim ramai pengunjung, jadi agar mendapat sedikit ruang lebih, pastikan Anda juga mengunjungi Huskisson Beach yang sama memukaunya dan melihat kanguru yang tinggal di Pebby Beach. Kapan pun Anda memutuskan untuk meninggalkan pantai, Anda akan menemukan titik-titik menarik untuk bersnorkel, paddleboarding berdiri, dan kayaking. Pencinta burung wajib menapaki Hyams Beach Trail sepanjang dua kilometer (1,2 mil) serta mengagumi burung crimson rosella dan eastern rosella.

Anda bisa mulai dari Lake Hillier yang juga dikenal sebagai Pink Lake. Letaknya dekat Esperance, Australia Barat. Lake Hillier terhampar sekitar 130 kilometer dari Esperance, atau delapan jam berkendara dari Perth. Danau yang berwana pink ini terlihat kontras karena dikelilingi perairan biru gelap dari Samudra Hindia, dengan sebidang hutan belantara sebagai pembatas. Selain dari kapal, cara terbaik menikmati danau ini adalah dari udara.
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia


Lake Eyre, di pedalaman Australia Selatan sangat indah dengan lansekap merah muda pucat, oranye, dan kuning yang menggambarkan keluasan lanskap pedalaman Australia Sselatan. Berlokasi enam jalur darat atau 1,5 jam penerbangan dari Adelaide, danau ini biasanya penuh garam, dataran garam putihnya yang menyilaukan berkilauan di bawah sinar matahari Australia. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, namun keindahannya berubah setiap beberapa tahun saat danau penuh dengan air.

Banjir ini menumbuhkan tanaman hijau yang subur, kawanan burung, sehingga danau berubah merah muda dan oranye. Oasis gurun ini sempurna dilihat dari udara Lake Eyre, di pedalaman Australia selatan sangat indah dengan lansekap merah muda pucat, oranye, dan kuning yang menggambarkan keluasan lanskap pedalaman Australia selatan. Berlokasi enam jam berkendara atau 1,5 jam penerbangan dari Adelaide, danau ini biasanya penuh garam, dataran garam putihnya yang menyilaukan berkilauan di bawah sinar matahari Australia. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, namun keindahannya berubah setiap beberapa tahun saat danau penuh dengan air.

Banjir ini menumbuhkan tanaman hijau yang subur, kawanan burung, sehingga danau berubah merah muda dan oranye. Oasis gurun ini sempurna dilihat dari udara. Pesan penerbangan wisata dengan Wrightsair untuk melihat keajaiban alam tak terlupakan ini.

Ada pula Lake Bumbunga, dekat Clare Valley, Australia selatan. Garis tepinya berwarna magenta. Kemudian Lake MacDonnell, Eyre Peninsula, Australia Selatan. Tentu saja ini sebagian kecil. Karena masih banyak lagi danau yang siap memberi pengalaman.

Karena ada Fraser Island, sebuah pulau pasir terbesar di dunia dengan panjang 123 kilometer dan 22 kilometer, satu-satunya hutan hujan paling tinggi yang tumbuh di bukit pasir dengan ketinggian lebih dari 200 meter (656 kaki). Merupakan rumah bagi strain dingo yang paling murni yang tersisa di Australia timur, dan salah satu tempat terbaik untuk melihat bayi paus bungkuk dan induk mereka, Fraser Island juga memiliki pemandangan yang luar biasa.

Sekarang kita ke kebun anggur. Anda harus menyusuri rute Swan Valley Food and Wine Trail di Australia Barat. Di sinilah Anda menjumpai berbagai kebun anggur di sepanjang jalur sejauh 32 kilometer. Bukan hanya pemandangan yang indahnya kebun anggur, tetapi juga restoran dan kafe.

Australia memang memiliki banyak wilayah dengan kebun anggur dan produksi wine terbaik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan, antara lain Hunter Valley di New South Wales, Yarra Valley di Victoria, dan Adelaide Hills di Australia Selatan.Ada lebih dari 120 kilang anggur di Hunter Valley, restoran adiboga, tempat peristirahatan dengan spa, dan konser di tengah rerimbunan kebun anggur.
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Hunter Valley Wine Country berjarak sekitar dua jam berkendara ke utara Sydney. Anda bisa menyewa mobil dari kota atau ikuti tur sehari untuk mengunjungi sejumlah kilang anggur. Di ruang cicip anggur Hunter Valley, Anda dapat mencicipi anggur yang begitu beragam, atau mengikuti kelas cicip anggur terbaik guna menjajal anggur lawas nan langka. Kilang anggur Audrey Wilkinson yang telah berdiri sejak 1866 menawarkan banyak sekali semillon di ruang cicipnya nan indah.

Anda dapat menjajal anggur chardonnay dan anggur shiraz di kawasan Oakvale Wines. Sementara itu, di kilang anggur Usher Tinkler yang mengusung gaya avant garde – berlokasi di Pokolbin Church yang dipugar dengan apik-sandingkan anggur atau wiski dengan prosciutto, jamur truffle salumi, dan camembert.

Apabila Anda ingin beristirahat sejenak dari sibuknya jadwal mengunjungi ruang cicip anggur, mampirlah ke Hunter Valley Cheese Factory. Di sini, Anda akan menemukan ragam fantastis pilihan keju susu sapi dan kambing rumahan yang bebas dicicipi serta dibeli.

Pesanlah papan pencicipan keju untuk menjajal lima variannya, atau pesan kelas apresiasi keju privat untuk mempelajari tentang varietas keju serta seni memadukan anggur. Smelly Cheese Shop juga menawarkan berbagai pilihan, baik keju setempat maupun impor yang dapat Anda nikmati di kafe yang berdiri dalam rumah produksinya.
Menyusur Pantai, Danau, Gunung hingga Kebun Anggur di Australia

Tak lengkap tanpa menikmati pemandangan kebun anggur dari udara. Terbanglah bersama balon udara untuk menghayati mentari terbit. Dalam penerbangan satu jam Anda akan diajak membumbung di atas sejumlah kebun anggur Hunter Valley seperti Pokolbin, Lovedale, Rothbury, dan Broke hingga ketinggian lebih dari 600 meter (2000 kaki). Ketika Anda turun sarapan sangat enak bersama sampanye pun dihidangkan di beranda Restaurant Cuvee di Peterson House Winery.

Klik di sini untuk menjelajahi lebih banyak ide menarik untuk liburan di Australia.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)