Kim Jong-un kepada Korsel: Korut Tak Ingin Perang tapi Tak Berniat Menghindarinya!

Selasa, 16 Januari 2024 - 09:27 WIB
loading...
Kim Jong-un kepada Korsel: Korut Tak Ingin Perang tapi Tak Berniat Menghindarinya!
Kim Jong-un memperingatkan Korea Selatan bahwa Korea Utara tak ingin perang tapi juga tidak berniat untuk menghindarinya. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyerukan amandemen konstitusi untuk mengubah status Korea Selatan (Korsel) menjadi musuh nomor satu.

Dia juga memperingatkan negara tetangga bahwa Pyongyang tidak menginginkan perang tapi juga tidak berniat untuk menghindarinya.

Seruan amandemen konstitusi disampaikan Kim Jong-un di Mejelis Rakyat Tertinggi di Pyongyang pada hari Senin dan dipublikasikan media pemerintah, KCNA, pada Selasa (16/1/2024).



Dia mengatakan amandemen tersebut adalah kesimpulan akhir bahwa penyatuan Korea Utara dengan Korea Selatan tidak lagi mungkin dilakukan.

Kim Jong-un juga menuduh Seoul berupaya untuk meruntuhkan pemerintahan Korut dan melakukan penyatuan kedua negara.

“Kami tidak menginginkan perang tetapi kami tidak punya niat untuk menghindarinya,” kata Kim.

Menurut media pemerintah, tiga organisasi yang menangani unifikasi dan pariwisata antar-Korea akan ditutup.

Langkah itu dilakukan ketika ketegangan semakin memburuk di Semenanjung Korea baru-baru ini di tengah serangkaian uji coba rudal dan dorongan Pyongyang untuk menghentikan kebijakan yang telah berlaku selama beberapa dekade serta mengubah hubungannya dengan Korea Selatan.

Para analis mengatakan Kementerian Luar Negeri Korea Utara dapat mengambil alih hubungan dengan Seoul, dan berpotensi membantu membenarkan penggunaan senjata nuklir terhadap Korea Selatan dalam perang di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)