Pesawat Jet Malindo Air Tergelincir, Bandara Nepal Ditutup

Jum'at, 20 April 2018 - 14:02 WIB
Pesawat Jet Malindo Air Tergelincir, Bandara Nepal Ditutup
Pesawat Jet Malindo Air Tergelincir, Bandara Nepal Ditutup
A A A
KATHMANDU - Bandara Kathmandu ditutup pada Jumat (20/4/2018) setelah sebuah pesawat jet Malaysia dengan 139 orang di dalamnya gagal lepas landas dan tergelincir dari landasan.

Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Namun, akibat kejadian itu penerbangan ke Ibu Kota Nepal itu dialihkan dan pihak berwenang berusaha untuk memindahkan Malindo Air Boeing 737 yang terjebak lumpur.

Tidak diketahui berapa lama Bandara Tribhuvan, pintu udara internasional satu-satunya di Nepal, akan ditutup seperti dikutip dari laman Strait Times.

Menurut juru bicara pihak bandara, Prem Nath Thakur, pesawat terbang milik maskapai asal Malaysia dengan tujuan Kuala Lumpur itu tengah melaju di landasan saat pilot mendeteksi masalah dan membatalkan lepas landas.

Pesawat tersebut berhenti di padang rumput dan terjebak di lumpur sekitar 30 meter dari landasan pacu.

"Semua penumpang dan awak pesawat selamat," kata Thakur, menambahkan bahwa penyebab masalah belum diketahui.

Insiden itu terjadi satu bulan setelah kecelakaan sebuah pesawat AS-Bangla Airways di bandara Kathmandu, yang menewaskan 51 orang. Pada Maret 2015, jet Turkish Airlines tergelincir dari landasan ketika mendarat, dan memaksa Bandara Udara Tribhuvan ditutup selama empat hari.

Himalaya memiliki beberapa landasan pacu paling terpencil dan sulit di dunia, diapit oleh puncak yang tertutup salju dengan pendekatan yang menimbulkan tantangan bahkan untuk pilot yang berpengalaman.

Nepal memiliki catatan keamanan udara yang buruk. Kecelakaan adalah hal yang biasa dan maskapai penerbangan yang berbasis di Nepal dilarang terbang di wilayah udara Uni Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4409 seconds (0.1#10.140)