Bos CIA Diam-diam Bertemu dengan Kim Jong-un

Rabu, 18 April 2018 - 09:14 WIB
Bos CIA Diam-diam Bertemu dengan Kim Jong-un
Bos CIA Diam-diam Bertemu dengan Kim Jong-un
A A A
WASHINGTON - Direktur CIA, Mike Pompeo, diam-diam telah menyambangi Korea Utara (Korut) selama libur Paskah lalu untuk bertemu dengan Kim Jong-un. Ujar sebuah sumber yang mengetahui perjalanan tersebut.

Sumber itu mengatakan Pompeo hanya mengajak pejabat intelijen dengannya dalam perjalanannya. Tidak ada pejabat Gedung Putih atau Departemen Luar Negeri seperti dikutip dari CNN, Rabu (18/4/2018).

Gedung Putih menolak mengomentari berita tentang kunjungan tersebut setelah The Washington Post pertama kali melaporkannya. The Washington Post mengutip dua sumber yang mengetahui langsung tentang perjalanan itu. Pompeo telah melakukan kunjungan rahasia sebagai utusan untuk Presiden Donald Trump.

Berita tentang pertemuan rahasia itu muncul ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Florida.

Saat sesi pengambilan foto bersama Abe, Trump mengkonfirmasi bahwa AS dan Korut sedang berdiskusi pada tingkat yang sangat tinggi dalam persiapan untuk mengantisipasi pertemuan antara Trump dan Jong-un.

"Kami telah melakukan pembicaraan langsung," kata Trump.

Kunjungan Pompeo ke negara terisolasi yang terjadi sekitar awal April datang di tengah-tengah perubahan besar dalam pemerintahan AS. Trump telah memecat Rex Tillerson sebagai Menteri Luar Negeri pada pertengahan Maret dan menominasikan Pompeo untuk menjadi diplomat top AS tak lama setelah Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden telah setuju untuk bertemu dengan pemimpin Korut pada tanggal yang tidak ditentukan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)