Kembali Gunakan Gas Beracun, AS Ancam Bombardir Suriah Lagi

Minggu, 15 April 2018 - 00:30 WIB
Kembali Gunakan Gas Beracun, AS Ancam Bombardir Suriah Lagi
Kembali Gunakan Gas Beracun, AS Ancam Bombardir Suriah Lagi
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) dalam posisi "lock and loaded" untukmenyerang Suriah lagi jika pemerintah Presiden Bashar al-Assad kembali menggunakan senjata kimia. Hal itu ditegaskan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, kepada Dewan Keamanan PBB.

“Kami yakin bahwa kami telah melumpuhkan program senjata kimia Suriah. Kami siap untuk mempertahankan tekanan ini, jika rezim Suriah cukup bodoh untuk menguji keinginan kami,” katanya.

"Jika rezim Suriah menggunakan gas racun ini lagi, Amerika Serikat dalam posisi 'lock and loaded'," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (15/4/2018).

AS, Inggris, dan Prancis meluncurkan serangan udara terhadap Suriah pada Sabtu (14/4/2018) pagi sebagai tanggapan atas dugaan serangan kimia di Douma pada akhir pekan lalu. Sekitar 110 rudal menghantam sasaran di ibu kota Suriah, Damaskus dan wilayah lainnya.

Meski begitu banyak rudal ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara buatan Soviet. Sistem pertahanan udara S-125, sistem pertahanan udara S-200, Buk dan Kvadrat digunakan dalam menangkis serangan rudal yang diluncurkan AS dan sekutunya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5815 seconds (0.1#10.140)