Mengapa Politik Polandia Bergejolak?

Kamis, 11 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
Mengapa Politik Polandia Bergejolak?
Krisis politik mengguncang Polandia. Foto/Reuters
A A A
WARSAWA - Polandia diguncang sejumlah polemik dan skandal yang mengguncang pemerintahan. Itu menyebabkan politik Polandia tidak stabil dan rawan. Itu disebabkan beberapa menteri dipenjara.

Padahal, Polandia berbatasan langsung dengan Ukraina yang diserang Rusia. Selain itu, negara itu juga berbatasan langsung dengan Rusia. Sudah tidak seharusnya persatuan nasional menjadi hal utama untuk melawan segala ancaman.

Mengapa Politik Polandia Bergejolak?

1. Korupsi atau Motif Balas Dendam?

Mengapa Politik Polandia Bergejolak?

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Kaminski pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 1997 dan terpilih kembali pada tahun 2001 dan 2005. Ia mengundurkan diri pada tahun 2006 untuk menjadi kepala Biro Pusat Pemberantasan Korupsi.

Lawan politiknya mengatakan ia dan rekan-rekannya melakukan korupsi dengan semangat yang berlebihan, menggunakan metode yang menurut mereka terkadang mengabaikan hukum dan memburu orang-orang yang tidak bersalah.

Pada tahun 2009, Kaminski dan Wasik dituduh melakukan penyalahgunaan kekuasaan karena mengizinkan agen di bawah komando mereka menggunakan jebakan dalam penyelidikan. Keduanya membantah melakukan kesalahan.


2. Pernah Mendapatkan Pengampunan

Mengapa Politik Polandia Bergejolak?

Foto/Reuters

Pada tahun 2015, Kaminski dan Wasik dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Mereka mengajukan banding.

Beberapa bulan kemudian, setelah PiS berkuasa, Presiden Andrzej Duda mengampuni kedua pria tersebut, sehingga Kaminski menjadi menteri dalam negeri.

Pengacara mempertanyakan apakah Duda berhak memberikan pengampunan kepada mereka sebelum pengadilan banding mengeluarkan keputusan akhir. Mahkamah Agung mengatakan tahun lalu bahwa kasus ini harus dibuka kembali.

3. Vonis Pengadilan Sudah Keluar

Mengapa Politik Polandia Bergejolak?

Foto/Reuters

Melansir Reuters, setelah membuka kembali kasus tersebut, Kaminski dan Wasik dijatuhi hukuman dua tahun penjara pada bulan Desember. Pada hari Senin, pengadilan mengeluarkan perintah untuk membawa kedua pria tersebut ke penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0855 seconds (0.1#10.140)