Tammy Duckworth, Bakal Cawapres Biden yang Pernah Tinggal di Jakarta

Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:24 WIB
loading...
Tammy Duckworth, Bakal Cawapres Biden yang Pernah Tinggal di Jakarta
Senator Tammy Duckworth yang masa kecilnya tinggal di Jakarta masuk daftar bakal calon wakil presiden mendampingi calon presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto/REUTERS/Jessica Rinaldi
A A A
WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS) Tammy Duckworth masuk dalam daftar calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Demokrat untuk mendampingi calon presiden Joe Biden . Masa kecil senator ini ternyata pernah tinggal di Jakarta, Ibu Kota Indonesia.

Tanpa berambisi menjadi calon wakil presiden, senator dari wilayah Illinois ini mengatakan dia akan bertugas dalam kapasitas apa pun untuk membantu Biden memenangkan kursi kekuasaan di Gedung Putih.

Dia menyampaikan hal itu dalam wawancaranya dengan dengan pembawa acara "Fox News Sunday", Chris Wallace, pekan lalu.

“Seberapa teliti Anda diperiksa oleh tim Biden saat ini? Sudahkah Anda menyerahkan semua catatan Anda ke (tim) kampanye?," tanya Wallace, kepada Duckworth.

“Apakah Anda sudah berbicara—pembicaraan pribadi dengan calon wakil presiden Biden?”

“Ya Chris, Anda tahu, mereka punya prosesnya sendiri. Saya akan membiarkan mereka melakukannya. Beberapa di antaranya bersifat publik, beberapa tidak. Saya akan memberi tahu Anda bahwa dia sangat berhati-hati tentang siapa yang dia pilih," kata Duckworth. "Tapi sekali lagi, semua perempuan yang namanya disebutkan sejauh ini sungguh luar biasa, dan saya telah bekerja dengan masing-masing dan setiap dari mereka, dan siapa pun dari kita dapat maju dan melakukan pekerjaan itu."

Duckworth mengatakan ini semua tentang menyatukan negara untuk menghadapi pandemi dan tantangan di luar negeri.

Selain memiliki pengalaman militer, latar belakang multikultural Tammy Duckworth menjadi kelebihannya. Dia lahir dari ayah pria kulit putih AS dan ibu berdarah Thailand-China. (Baca: Trump Mulai Mainkan Isu Agama, Sebut Biden Melawan Tuhan )

Dia lahir di Bangkok, Thailand, pada 12 Maret 1968 saat ayahnya, Franklin Duckworth, bertugas di negara Asia Tenggara tersebut. Sejak itu, ayah berpindah tugas di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dalam wawancaranya di majalah Chicago pada Mei 2012, Tammy Duckworth mengaku pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta selama 7 tahun. Dia mahir berbahasa Indonesia dan tentu saja bahasa Thailand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)