3 Negara Asia yang Pasok Senjata ke Hamas

Rabu, 10 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah teknologi persenjataan dan komunikasi kelas atas, sesuatu yang tidak dimiliki Hamas sebelumnya,” kata seorang sumber intelijen Israel kepada surat kabar Inggris The Telegraph pada saat itu. "Dengan bahan peledak yang sangat canggih yang belum pernah ditemukan sebelumnya dan terutama pada bahan peledak semacam itu. skala besar.”

Melansir The Jerusalem Post, meskipun senjata tersebut dibuat di China, tidak diketahui apakah pemerintah China terlibat dalam transfer atau penjualan senjata tersebut. Aktor negara pihak ketiga yang menerima penjualan senjata oleh China, seperti Iran, mungkin telah menyerahkan senjata tersebut ke Hamas, atau pedagang senjata ilegal mungkin telah menjualnya langsung ke kelompok tersebut.


3. Iran

3 Negara Asia yang Pasok Senjata ke Hamas

Foto/Reuters

Beberapa ahli bahan peledak menyatakan bahwa foto-foto baru senjata yang digunakan Hamas membuktikan hubungan organisasi perjuangan Palestina tersebut dengan Iran.

Dua peneliti di Long War Journal bahwa koleksi senjata tersebut juga tampaknya mencakup sejumlah besar “proyektil berbentuk bahan peledak yang menembus baju besi yang mematikan,” atau EFP.

"Dua dari sistem senjata yang digunakan Hamas, cakram peledak hitam dengan muka cekung, dan perangkat berbentuk kerucut hitam, tampaknya adalah EFP,” tulis Joe Truzman dan Bill Roggio, pakar senjata.

Keterlibatan Iran dalam invasi Hamas ke Israel telah berspekulasi sejak serangan dimulai. Iran telah lama mendukung organisasi teroris tersebut, dan kadang-kadang memberikan bantuan moneter.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)