5 Kekejaman Nazi, Salah Satunya Membunuh 6 Juta Orang Yahudi

Rabu, 10 Januari 2024 - 16:16 WIB
loading...
5 Kekejaman Nazi, Salah Satunya Membunuh 6 Juta Orang Yahudi
Adolf Hitler yang memimpin Nazi melakukan serangkaian kejahatan terhadap kemanusiaan. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Nazi yang dipimpin Jerman Adolf Hitler melakukan serangkan kekejaman yang serius. Namanya disebut sebagai orang paling jahat di dunia karena membunuh 6 juta warga Yahudi sejak 1933-1945.

Kekejaman menjadi identitas utama yang melekat pada Nazi saat berkuasa di Jerman. Nazi juga merupakan kelompok yang memicu perang dunia II yang membuat dunia mengalami kegelapan dan kemunduran.

5 Kekejaman Nazi, Salah Satunya Membunuh 6 Juta Orang Yahudi

1. Sterilisasi Paksa 350.000 Orang

5 Kekejaman Nazi, Salah Satunya Membunuh 6 Juta Orang Yahudi

Foto/Reuters

“Seringkali mengejutkan betapa terbatasnya pengetahuan tentang kejahatan medis Nazi di komunitas medis saat ini, mungkin dengan pengecualian eksperimen Josef Mengele di Auschwitz,” kata Herwig Czech dari Universitas Kedokteran Wina di Austria.

Itu sebabnya Czech dan rekan-rekannya menyarankan pembentukan komisi baru kepada pemimpin redaksi jurnal medis ternama The Lancet tiga tahun lalu.

Laporan tersebut merinci bagaimana para dokter dan ahli medis membantu menghasilkan apa yang disebut undang-undang sterilisasi paksa dan secara aktif berpartisipasi dalam sterilisasi lebih dari 350.000 orang yang dikategorikan “inferior secara genetik” menurut undang-undang ras Nazi.


2. 230.000 Menjalani Program Euthanasia

Banyak orang yang disterilkan menderita akibat fisik dan psikologis yang parah akibat prosedur ini, dan banyak korban meninggal. Setidaknya 230.000 orang dengan disabilitas mental, kognitif dan fisik dibunuh dalam "program euthanasia" di Jerman dan wilayah pendudukan selama Perang Dunia II.

Puluhan ribu orang disalahgunakan sebagai subjek tes kesehatan, misalnya di kamp konsentrasi.

Eugenika digunakan untuk membenarkan kejahatan ideologi rasial Sosialis Nasional digunakan sebagai pembenaran ilmiah semu atas kekejaman ini. Dasar dari apa yang disebut oleh Nazi sebagai "kebersihan ras" adalah eugenika, yaitu studi tentang sifat-sifat yang dianggap unggul dalam keturunan.

“Kekejaman medis yang dilakukan oleh Nazi adalah salah satu contoh paling ekstrim dan terdokumentasi terbaik mengenai partisipasi medis dalam pelanggaran hak asasi manusia dalam sejarah,” kata Sabine Hildebrandt dari Harvard Medical School di Boston, yang juga merupakan salah satu ketua komisi tersebut, melansir DW.

“Kita harus mempelajari sejarah kondisi terburuk umat manusia untuk mengenali pola serupa di masa kini dan melawannya dengan tujuan mendorong yang terbaik.”

3. Membunuh 6 Juta Orang Yahudi

5 Kekejaman Nazi, Salah Satunya Membunuh 6 Juta Orang Yahudi

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)