4 Alasan Adolf Hitler Membantai Jutaan Orang Yahudi di Jerman

Senin, 20 November 2023 - 21:50 WIB
loading...
4 Alasan Adolf Hitler Membantai Jutaan Orang Yahudi di Jerman
Adolf Hitler telah membantai banyak warga Yahudi di Jerman. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Adolf Hitler merupakan seorang diktator yang pernah berkuasa di Jerman. Ia meraih tampuk kekuasaan ketika menjadi pemimpin Nazi Jerman.

Saat berkuasa, Hitler menjadi sosok kejam dan otoriter yang memunculkan banyak kontroversi. Dalam riwayatnya, ia dianggap bertanggung jawab atas pembantaian jutaan orang Yahudi Eropa atau Holocaust di masa lampau.

Sebagai informasi, Holocaust sendiri merupakan peristiwa pembantaian sistematis terhadap jutaan orang Yahudi Eropa oleh Nazi yang dipimpin Hitler. Para sejarawan selalu bertanya-tanya mengenai alasan Hitler yang sangat membenci Yahudi.

Sebagian dari mereka mencoba untuk mengulik kemungkinan alasan Hitler yang bisa dibilang sangat anti-Yahudi, termasuk dari buku-buku diktator Jerman tersebut. Lantas, apa sebenarnya alasan Hitler membantai orang-orang Yahudi in?

Alasan Adolf Hitler Bantai Orang Yahudi di Eropa

1. Pengaruh Antisemitisme sejak Muda

Akar kebencian Hitler terhadap orang Yahudi memang tidak jelas. Namun, pada bukunya yang berjudul ‘Mein Kampf’, ia mengatakan bahwa perkembangannya menjadi sosok antisemit digambarkan sebagai hasil perjuangan yang panjang dan melelahkan.

Mengutip The Sun, Senin (20/11/2023), Hitler menjelaskan dirinya semakin menjadi antisemit selama tahun-tahun awalnya di Wina, Austria. Berkaca pada hal tersebut, jelas bahwa Hitler memang sudah mengenal antisemit sejak usia muda.

2. Yahudi Biang Kekalahan Jerman di Perang Dunia

Hitler memang lahir Austria. Namun, ia dulu mendaftar sebagai tentara Jerman pada era Perang Dunia I.

Mengutip laman Anne Frank House, Jerman kalah dan menyerah pada November 1918. Hitler sendiri harus berakhir terkapar di Rumah Sakit.

Terkurung dalam ranjangnya, Hitler mendengar kabar Jerman menyerah dan berada dalam kondisi terpuruk. Kekalahan ini sulit diterima banyak orang, tak terkecuali Hitler sendiri.

Kalangan nasional dan konservatif sayap kanan menduga ada pengkhianatan yang menjadikan Jerman kalah. Dalam hal ini, mereka menganggap kaum Yahudi, Sosial Demokrat, dan Komunis sebagai kelompok yang harus bertanggung jawab.

Prasangka tersebut membuat Hitler ikut menyusupkan pandangan antisemit ke dalam politik. Setelahnya, etnis Yahudi mulai mendapat perlakuan berbeda dan menjadi terpinggirkan.

3. Anggapan Yahudi Mengincar Dominasi Dunia

Tak hanya kekalahan Jerman pada Perang Dunia I, Hitler menyalahkan Yahudi atas segala hal yang salah di dunia. Ia beranggapan bahwa Jerman menjadi lemah dan mengalami kemunduran juga karena Yahudi.

Menurut Hitler, orang-orang Yahudi adalah sosok ambisius yang sebenarnya mengincar dominasi dunia. Hal ini didasarkan pada status mereka yang waktu itu memiliki pengaruh penting di bidang perbankan dan keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)