Siapa El Hadj Ahmed Ben Brahim? Raja Narkoba yang Dijuluki Pablo Escobar dari Gurun Sahara

Rabu, 10 Januari 2024 - 11:11 WIB
loading...
Siapa El Hadj Ahmed Ben Brahim? Raja Narkoba yang Dijuluki Pablo Escobar dari Gurun Sahara
El Hadj Ahmed Ben Brahim dijjuluki Pablo Escobar dari Gurun Sahara. Foto/maroc-hebdo.press.ma
A A A
GAZA - Sejak akhir Desember, satu-satunya hal yang dibicarakan orang Maroko adalah El Hadj Ahmed Ben Brahim yang dijuluki "Pablo Escobar dari Sahara", seorang raja narkoba misterius Afrika, pernah di penjara selama empat tahun penjara, yang mengungkapkan jaringan politikus dan tokoh masyarakat.

Pada tanggal 22 Desember, Pengadilan Banding Casablanca memerintahkan penahanan sementara terhadap 25 tokoh masyarakat yang terlibat dalam kasus yang dijuluki "kasus Escobar Sahara".

Majalah Pan-Afrika Jeune Afrique melaporkan, ada 28 tokoh Maroko yang terlibat dalam kasus tersebut. Majalah berbahasa Perancis tersebut telah memainkan peran penting dalam kasus ini sejak penyelidikan pertama mereka mengenai "Sahara's Escobar" pada tahun 2019.

Dalam situasi yang penuh gejolak, partai-partai politik Maroko menghadapi kontroversi yang dapat membahayakan kursi parlemen mereka. Beberapa pihak memilih untuk diam, sementara yang lain mengisyaratkan kemungkinan adanya konspirasi.

Siapa El Hadj Ahmed Ben Brahim? Raja Narkoba yang Dijuluki Pablo Escobar dari Gurun Sahara

El Hadj Ahmed Ben Brahim, dijuluki "Pablo Escobar dari Sahara" atau "Malian", lahir di Kidal, Mali, pada tahun 1976 dari ibu asal Maroko dan ayah Mali. Satu-satunya foto dirinya yang tersedia adalah pecahan sketsa karya Jeune Afrique.

Menurut majalah Pan-Afrika, orang Mali ini menjalani kehidupan sederhana sebagai penggembala hingga suatu hari, dia bertemu dengan seorang pria Prancis yang hilang di padang pasir. Pertemuan ini mengubah segalanya.

Pria Prancis yang ternyata seorang pengusaha itu memperkenalkan Haji Ahmed Ben Brahim pada impor dan ekspor mobil antara Eropa dan Afrika.

Setelah mengumpulkan sedikit kekayaan, Ben Brahim muda mempunyai cita-cita yang lebih tinggi, merambah ke perdagangan emas dan secara bertahap membangun jaringan di wilayah Sahelo-Sahara.

Setelah emas, pada tahun 2006 ia berkelana dalam pengangkutan obat-obatan dari Amerika Latin ke Afrika Barat melalui Mali dan Niger, ke Aljazair, Libya, dan Mesir melalui darat atau laut ke pantai Maroko dan kemudian ke Eropa.

Di Maroko, ia dilaporkan berinvestasi secara signifikan di real estate di Marina Saidia, sebuah pantai mewah, dan banyak bisnis serta pabrik yang belum terungkap.

Pada tahun 2015, karena tunduk pada surat perintah penggeledahan Interpol, dia ditangkap setelah pengejaran dengan gendarmerie di gurun Mauritania.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)