Swedia Ketakutan dengan Rusia: Perang Bisa Menimpa Kita

Selasa, 09 Januari 2024 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Perdana Menteri Ulf Kristersson baru-baru ini mengumumkan bahwa 800 tentara Swedia akan dikerahkan di Latvia tahun depan untuk memperkuat 2.000 tentara pimpinan Kanada yang ditempatkan di sana sebagai bagian dari Enhanced Forward Presence di negara-negara Baltik.

Berbicara tentang peran negaranya di masa depan dalam NATO pada konferensi tahunan yang sama tahun lalu, Kristersson bahkan menginginkan kehadiran senjata nuklir. "Memiliki senjata nuklir di wilayah kita sendiri di masa damai adalah hal yang mungkin dilakukan," katanya.

Moskow telah berulang kali menyatakan bahwa ekspansi berkelanjutan NATO ke perbatasan barat Rusia, serta penolakan untuk mengesampingkan keanggotaan Ukraina di masa depan, merupakan salah satu penyebab utama konflik yang sedang berlangsung.

Rusia melihat NATO sebagai ancaman terhadap keamanan nasionalnya.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov menuduh Barat mengubah Eropa menjadi “arena konfrontasi".

"Aksesi Finlandia dan Swedia [ke blok NATO] akan berdampak negatif pada situasi di Eropa," paparnya.

Moskow juga menyatakan bahwa pengiriman senjata dan uang ke Kyiv menjadikan negara-negara NATO secara de facto menjadi peserta langsung dalam konflik saat ini.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)