Pakar Militer Sebut Tidak Ada Bukti Israel Berhasil Mengalahkan Hamas

Minggu, 07 Januari 2024 - 15:47 WIB
loading...
Pakar Militer Sebut Tidak Ada Bukti Israel Berhasil Mengalahkan Hamas
Tentara Israel tidak memiliki bukti mampu mengalahkan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tentara Israel berulang kali mengklaim telah mengalahkan dan melumpuhkan Hamas. Tapi, Israel tidak mampu membebaskan sandera yang ditahan kelompok perjuangan Palestina itu. Selain itu, sel militer Hamas juga masih aktif memberikan perlawanan terhadap Israel.

"Klaim Israel bahwa mereka melucuti komando Hamas di Gaza utara mungkin terkait dengan meningkatnya tekanan untuk mencapai hasil dalam perang berdarah yang telah berlangsung selama tiga bulan," kata pakar militer Adel Abdel Ghafar, Dewan Urusan Global Timur Tengah, kepada Al Jazeera.

“Israel perlu menunjukkan kepada konstituen dalam negerinya bahwa mereka benar-benar mencapai sesuatu di lapangan,” kata direktur kebijakan luar negeri dan program keamanan di Dewan Urusan Global Timur Tengah.

Ghafar mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pesan dari kabinet Israel tidak sesuai dengan hasil serangan darat yang diklaim.

“Tetapi jika Anda melihat beberapa pernyataan yang datang dari anggota kabinet Israel yang beraliran sayap kanan, mereka tidak menginginkan bantuan apa pun kembali atau warga Palestina kembali ke Gaza utara. Yang mereka dukung sebenarnya adalah pengusiran massal warga Palestina," ungkap Ghafar.

Ghafar menjelaskan, jadi masih harus dilihat apakah kabinet Israel akan bersatu untuk mengizinkan bantuan lebih lanjut atau mengizinkan warga Palestina kembali ke Gaza utara.



Sebelumnya, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa tentara Israel telah “melumpuhkan” Hamas di Gaza utara dan kini mengalihkan perhatiannya ke Gaza tengah dan selatan.

Pengarahan terbaru Hagari datang seperti yang telah dikatakan Israel selama berminggu-minggu bahwa mereka memiliki kontrol operasional penuh atas Gaza Utara.

Hagari mengatakan dalam pengarahan tersebut bahwa tentara Israel masih memperkirakan akan melihat tembakan roket sporadis datang dari Gaza utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)