Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Minggu, 07 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?
Mossad kerap melakukan operasi pembunuhan terhadap pemimpin Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Badan intelijen Israel, Mossad , memiliki ciri khusus dalam melaksanakan pembunuhan terhadap para pemimpin Hamas. Strategi itu dilakukan baik secara terang-terangan atau pun rahasia untuk memburu para pemimpin Hamas.

Menurut jurnalis investigasi Israel Ronen Bergman, yang merupakan salah satu pakar intelijen Israel terkemuka dan penulis buku Rise and Kill First, pembunuhan al-Batsh memiliki ciri-ciri operasi Mossad.

“Banyak operasi Mossad lainnya sebelumnya dan dilakukan sebagai operasi pembunuhan yang bersih dan profesional jauh dari Israel, menunjukkan keterlibatan Mossad,” kata Bergman kepada Al Jazeera.

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

1. Identifikasi Sasaran

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, mengidentifikasi target pembunuhan oleh intelijen Israel biasanya dilakukan melalui beberapa langkah institusional dan organisasi di dalam Mossad, komunitas intelijen Israel yang lebih luas, dan kepemimpinan politik.

Terkadang targetnya diidentifikasi oleh dinas domestik dan militer Israel lainnya.

Sumber Al Jazeera mengatakan kepada Al Jazeera bahwa komunikasi Hamas antara Gaza, Istanbul (Turki) dan Beirut (Lebanon) diawasi secara ketat oleh jaringan intelijen Israel. Dengan demikian, seleksi awal al-Batsh bisa saja dilakukan melalui jalur-jalur ini.


2. Eksekusi Pembunuhan

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Foto/Reuters

Setelah unit khusus Mossad menyelesaikan berkasnya mengenai target tersebut, mereka akan membawa temuannya ke kepala Komite Badan Intelijen, yang terdiri dari para pemimpin organisasi intelijen Israel dan dikenal dengan akronim Ibrani, VARASH, atau Vaadan Rashei Ha-sherutim.

VARASH hanya akan membahas jalannya operasi dan memberikan masukan serta saran.

Namun, pihaknya tidak memiliki kewenangan hukum untuk menyetujui suatu operasi.

Hanya perdana menteri Israel yang mempunyai wewenang untuk menyetujui operasi semacam itu.

Bergman mengatakan bahwa perdana menteri Israel biasanya memilih untuk tidak mengambil keputusan sendiri karena alasan politik.

“Sering kali perdana menteri melibatkan satu atau dua menteri lain dalam pengambilan keputusan, yang seringkali juga mencakup menteri pertahanan,” kata Bergman.

Setelah persetujuan diperoleh, operasi kemudian dipindahkan kembali ke Mossad untuk perencanaan dan pelaksanaan, yang bisa memakan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, tergantung targetnya.

3. Kerjasama Arab-Mossad

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Foto/Reuters

Mossad memelihara hubungan organisasi formal dan sejarah dengan sejumlah badan intelijen Arab, terutama badan mata-mata Yordania dan Maroko.

Baru-baru ini, mengingat pergeseran aliansi di kawasan dan meningkatnya ancaman dari aktor-aktor bersenjata non-negara, Mossad telah memperluas hubungannya dengan badan-badan intelijen Arab hingga mencakup sejumlah negara Teluk Arab dan Mesir.

Mossad memiliki pusat regional untuk operasinya di Timur Tengah yang lebih luas di ibu kota Yordania, Amman.

Ketika Mossad berusaha membunuh pemimpin Hamas Khaled Meshaalin Amman pada tahun 1997 dengan menyemprotkan dosis racun yang mematikan ke telinganya, mendiang Raja Hussein mendapat ancaman untuk mencabut perjanjian damai dengan Israel dan menutup stasiun agen mata-mata Amman dan memutuskan hubungan Yordania. -Hubungan Mossad yang mendorong Israel untuk memberikan obat penawar yang menyelamatkan nyawa Mashaal.

Dalam bukunya, Bergman mengutip sumber-sumber Mossad yang mengklaim bahwa Jenderal Samih Batikhi, kepala mata-mata Yordania pada saat itu, marah kepada Mossad karena tidak memberi tahu dia tentang rencana pembunuhan tersebut karena dia ingin merencanakan operasi bersama.

Negara Arab lain yang memelihara hubungan kuat dengan Mossad sejak tahun 1960an adalah Maroko, menurut penelitian Bergman.

“Maroko telah menerima bantuan intelijen dan teknis yang berharga dari Israel, dan, sebagai imbalannya, [mendiang Raja] Hassan mengizinkan orang-orang Yahudi Maroko untuk beremigrasi ke Israel, dan Mossad menerima hak untuk mendirikan stasiun permanen di ibu kota Rabat, tempat mereka dapat memata-matai. di negara-negara Arab,” tulis Bergman.

Kerja sama ini mencapai puncaknya ketika Maroko mengizinkan Mossad menyadap ruang pertemuan dan kamar pribadi para kepala negara Arab dan komandan militer mereka selama KTT Liga Arab di Rabat pada tahun 1965.

KTT tersebut diadakan untuk membentuk komando militer gabungan Arab.

4. Metode Pembunuhan CIA dan Mossad

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Foto/Reuters

Tidak seperti Mossad dan organisasi intelijen Israel lainnya yang mempunyai kelonggaran besar dalam memutuskan siapa yang akan dibunuh, CIA Amerika menggunakan proses hukum multi-tingkat yang berat yang melibatkan Kantor Penasihat Umum CIA, Departemen Kehakiman AS, dan Kantor Penasihat Hukum Gedung Putih. .

Eksekusi operasi pembunuhan yang ditargetkan oleh CIA pada akhirnya bergantung pada Presidential Finding Authorization, yang merupakan dokumen hukum yang sering dirancang oleh Kantor Penasihat Umum CIA dan Departemen Kehakiman.

Presidential Finding Authorization memberikan wewenang hukum kepada CIA untuk melaksanakan misi pembunuhan yang ditargetkan.

Proses peninjauan multi-lembaga, yang sebagian besar dilakukan oleh pengacara di departemen kehakiman, Gedung Putih, dan CIA, harus dilakukan sebelum presiden membubuhkan tanda tangannya pada Presidential Finding Authorization.

Diperkirakan Barack Obama, sebagai presiden AS, mengizinkan sekitar 353 operasi pembunuhan yang ditargetkan, terutama dalam bentuk serangan pesawat tak berawak.

Pendahulunya, George W Bush, mengizinkan sekitar 48 operasi pembunuhan yang ditargetkan.

5. Proses Hukum

Bagaimana Mossad Melakukan Pembunuhan terhadap Pemimpin Hamas?

Foto/Reuters

Seorang mantan pejabat senior CIA mengatakan kepada Al Jazeera dengan syarat anonimitas bahwa “CIA melakukannya tidak memutuskan siapa yang akan dibunuh”.

“Proses hukum membuat sangat sulit bagi CIA untuk membunuh seseorang hanya karena CIA menganggapnya orang jahat,” ujarnya, dilansir Al Jazeera.

Sebagian besar operasi pembunuhan yang ditargetkan CIA melibatkan serangan pesawat tak berawak dan didasarkan pada izin presiden.

Berbicara kepada Al Jazeera, Robert Baer, mantan perwira operasi CIA, mengatakan: “Gedung Putih harus menandatangani setiap operasi pembunuhan yang ditargetkan, terutama jika itu adalah target yang bernilai tinggi.

“Akan tetapi, kasusnya berbeda jika operasi dilakukan di medan perang atau selama perang seperti di Afghanistan atau Irak, yang mana petugas lapangan memiliki lebih banyak ruang hukum untuk melakukan pembunuhan yang ditargetkan.”

Di Mossad, legalitas pembunuhan terhadap target apa pun jauh lebih liberal dan tidak melibatkan batasan hukum serupa dengan yang diterapkan oleh CIA, menurut sumber yang mengetahui proses tersebut.

“Ini adalah bagian dari kebijakan nasional mereka,” kata Baer, mengacu pada kebijakan pembunuhan yang ditargetkan oleh Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)