India Kirim Kapal Perang setelah Pembajakan Kapal Berbendera Liberia di Laut Arab

Jum'at, 05 Januari 2024 - 22:01 WIB
loading...
India Kirim Kapal Perang setelah Pembajakan Kapal Berbendera Liberia di Laut Arab
Kapal perang India INS Chennai berlabuh di Mumbai, India. Foto/AP
A A A
NEW DELHI - Satu kapal perang Angkatan Laut India sedang bergerak menuju kapal berbendera Liberia yang dibajak di Laut Arab.

Tak hanya itu, pesawat-pesawat sedang memantau situasi dengan cermat, menurut Angkatan Laut India pada Jumat (5/1/2024), dilansir Reuters.

“Sebanyak 15 awak kapal asal India berada di kapal MV Lila Norfolk, yang dibajak di dekat pantai Somalia dan angkatan laut menerima informasi tentang hal itu kemarin malam,” papar laporan kantor berita India ANI sebelumnya, mengutip pejabat militer.

“Kapal tersebut mengirim pesan ke portal Operasi Perdagangan Maritim Inggris yang mengatakan lima hingga enam personel bersenjata tak dikenal telah menaiki kapal pada malam tanggal 4 Januari,” ungkap pernyataan Angkatan Laut India.

“Satu kapal perang India, INS Chennai, dialihkan dan dikerahkan untuk membantu pembebasan kapal tersebut,” papar pernyataan itu.

Militer India menambahkan, satu pesawat Angkatan Laut terbang melintasi kapal yang dibajak hari ini dan telah melakukan kontak dengannya.



Angkatan Laut India telah meningkatkan pengawasannya terhadap Laut Arab setelah serangkaian serangan baru-baru ini di wilayah tersebut.

Awal pekan ini, Angkatan Laut mengatakan telah menyelidiki sejumlah besar kapal penangkap ikan dan menaiki kapal-kapal yang memiliki kepentingan di Laut Arab Utara dan Tengah.

“India berperan sebagai penyedia keamanan bersih di seluruh kawasan Samudera Hindia. Kami akan memastikan perdagangan maritim di wilayah ini meningkat dari laut hingga setinggi langit,” tegas Menteri Pertahanan India Rajnath Singh bulan lalu tentang peningkatan pengawasan di wilayah tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)