4 Negara Timur Tengah dengan Angkatan Laut Terkuat, Siapa Saja?

Jum'at, 05 Januari 2024 - 13:30 WIB
loading...
4 Negara Timur Tengah dengan Angkatan Laut Terkuat, Siapa Saja?
Mesir memiliki angkatan laut yang kuat di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya empat negara Timur Tengah yang memiliki Angkatan Laut paling kuat. Salah satunya adalah Arab Saudi.

Sebagai informasi, Timur Tengah sendiri merupakan penyebutan tak resmi terhadap negara-negara yang secara geografis berada di wilayah pertemuan antara Asia, Afrika, dan Eropa. Melihat statusnya ini, memang tidak ada daftar resmi mengenai deretan negara-negara yang khusus dimasukkan ke kawasan Timur Tengah.

Pada perkembangannya, negara-negara di Timur Tengah terus meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya sektor darat, mereka juga turut memperkuat bagian lain termasuk Angkatan Laut miliknya.

Berikut empat negara Timur Tengah dengan Angkatan Laut terkuat versi World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) tahun 2024.

Negara Timur Tengah dengan Angkatan Laut Terkuat

1. Mesir

Mesir berada di urutan teratas dalam daftar ini. Negara yang memiliki ibu kota di Kairo ini tercatat berada pada peringkat ke-13 dari 39 negara di dunia versi WDMMW 2024.

Jika diklasifikasikan berdasarkan wilayah Timur Tengah, Mesir berada di urutan pertama. Mereka memiliki True Value Rating (TvR) 72,4.

Lebih jauh, Mesir memiliki 107 unit aset. Hal ini mencakup berbagai jenis, seperti kapal selam, fregat, korvet, kapal patroli, kapal perang, dan lainnya.


2. Iran

Iran memang telah dikenal sebagai salah satu kekuatan militer besar di Asia. Mereka bahkan tak segan menunjukan ketidasukaannya terhadap negara-negara Barat seperti Amerika Serikat.

Pada sektor militer, Iran juga punya armada Angkatan Laut yang kuat. Pemeringkatan WDMMW 2024 menempatkannya di urutan ke-19 dunia atau nomor 2 di kawasan Timur Tengah.

Iran memiliki True Value Rating (TvR) 50,9. Pada deretan armadanya, Teheran punya 67 aset yang terbagi atas 25 kapal selam, 8 fregat, 3 korvet, 21 kapal patroli, hingga 10 kapal perang amfibi.

3. Israel

Berikutnya ada Israel. Angkatan Laut milik Tel Aviv bertengger di peringkat 31 dari 39 yang terkuat di dunia.

Angkatan Laut Israel memiliki True Value Rating (TvR) 32,9. Bersama sekitar 59 aset, kekuatannya mencakup berbagai kapal perang hingga kapal selam.

4. Arab Saudi

Arab Saudi juga menjadi salah satu kekuatan besar di Asia. Mereka memiliki anggaran pertahanan yang besar serta militer yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)