AS Berencana Serang Houthi, Konflik Timur Tengah Akan Meluas

Jum'at, 05 Januari 2024 - 11:40 WIB
loading...
AS Berencana Serang Houthi, Konflik Timur Tengah Akan Meluas
AS siapkan skenario untuk menyerang Houthi di Yaman. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Amerika Serikat (AS) dikabarkan sedang menyusun skenario untuk menyerang kelompok Houthi di Yaman. Itu dikarenakan Houthi terus mengganggu kapal kargo dan tanker sehingga bisa mengganggu perdagangan global.

Politico melaporkan bahwa para pejabat di pemerintahan Presiden AS Joe Biden sedang “menyusun rencana” untuk menanggapi perluasan perang regional di Gaza, dan untuk “memukul balik” pejuang Houthi di Yaman.

Mengutip empat pejabat AS yang mengetahui masalah ini, organisasi berita tersebut melaporkan bahwa pembicaraan telah terjadi “tentang skenario yang berpotensi menarik AS ke dalam perang Timur Tengah lainnya”.

Rencana juga sedang disusun untuk menyerang Houthi di Yaman atas permusuhan mereka terhadap pelayaran komersial di Laut Merah yang memiliki hubungan dengan Israel.

Para pejabat AS mengatakan kepada Politico bahwa potensi konflik regional meningkat di tengah konfrontasi bersenjata di Lebanon, Irak dan Iran, yang telah “meyakinkan beberapa pejabat di pemerintahan bahwa perang di Gaza secara resmi telah meningkat jauh melampaui perbatasan jalur tersebut”.

“Kebingungan di dalam pemerintahan untuk menyusun laporan mengenai titik-titik serangan potensial dan kemungkinan tanggapan AS pada minggu ini terjadi sebagai akibat dari perintah dari eselon tinggi pemerintahan atas kekhawatiran bahwa kekerasan di wilayah tersebut akan terus meningkat dan bahwa Washington akan terus melakukan hal yang sama. pada akhirnya harus melakukan intervensi,” lapor Politico.

Sebelumnya, NBC News juga melaporkan di tengah meningkatnya seruan kepada Presiden Joe Biden untuk memerintahkan tanggapan militer yang lebih kuat terhadap serangan berulang-ulang yang dilakukan pemberontak Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah, anggota tim keamanan nasionalnya mengadakan pertemuan di Gedung Putih untuk meninjau opsi-opsi yang memungkinkan, termasuk serangan terhadap sasaran-sasaran Houthi di Yaman.

Pertemuan pada Rabu (3/1/2024) itu bertujuan untuk menyempurnakan rincian berbagai opsi yang lebih kuat daripada yang telah dipertimbangkan Gedung Putih sebelumnya, yang dapat mencakup tindakan bersama dengan negara-negara lain. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan utama komite deputi, yang dipimpin oleh wakil penasihat keamanan nasional Jon Finer, dengan tujuan untuk memberikan kepada presiden daftar opsi militer.

Sejauh ini, Gedung Putih belum menyetujui satu pun opsi serangan terhadap pemberontak yang berbasis di Yaman yang telah disiapkan oleh militer AS, kata para pejabat dan mantan pejabat.

Setelah Houthi melancarkan serangan paling langsung terhadap militer AS pada Malam Tahun Baru, menembaki helikopter Angkatan Laut AS dari kapal kecil, helikopter tersebut membalas tembakan, menenggelamkan tiga kapal dan menewaskan 10 pejuang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)