alexametrics

Jepang dan Korsel Sayangkan Pemecatan Tillerson Sebagai Menlu AS

loading...
Jepang dan Korsel Sayangkan Pemecatan Tillerson Sebagai Menlu AS
Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono bahwa dia secara pribadi menyesalkan pemecatan Rex Tillerson, sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Foto/Reuters
A+ A-
TOKYO - Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono bahwa dia secara pribadi menyesalkan pemecatan Rex Tillerson, sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Kono menyebut Tillerson adalah sosok yang jujur dan dapat dipercaya.

"Dia (Tillerson) adalah rekan yang jujur dan dapat dipercaya dan saya pikir kita akan menangani masalah Korea Utara (Korut) bersama, tapi secara pribadi, saya merasa bahwa situasi yang telah berkembang sangat disayangkan," kata  Kono.

"Yang pasti, Amerika memegang kunci itu, jadi saya ingin bertemu pengganti Tillerson segera dan bertukar pandangan mengenai Korea Utara (Korut) dan hal-hal lain," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (14/3).

Sementara itu, seorang pejabat Korea Selatan (Korsel), menyatakan Menteri Luar Negeri, Korsel Kang Kyung telah membatalkan rencana perjalanan ke Washington untuk membahas masalah Korut, setelah dia mendengar Tillerson dipecat.

Pejabat Korsel lainnya, yang juga berbicara dalam kondisi anonimitas, mengatakan bahwa Mike Pompeo diketahui memiliki pandangan keras terhadap Korut, dia adalah seorang politisi berpengalaman dan sepertinya tahu bagaimana berkompromi.

"Kami sadar bahwa Pompeo adalah salah orang yang lantang berbicara mengenai opsi militer dan memberi penilaian kepada Donald Trump, namun banyak hal telah berubah banyak. Jadi, kita lihat saja nanti," katanya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak