alexametrics

Kim Jong-un dan Trump Diprediksi Bertemu di Lokasi Ini

loading...
Kim Jong-un dan Trump Diprediksi Bertemu di Lokasi Ini
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) akan bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bulan Mei mendatang. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa dia bersedia bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, spekulasi lokasi yang jadi tuan rumah kedua pemimpin itu telah bermunculan.

Kim Jong-un belum secara terbuka mengonfirmasi kepastiannya untuk bertemu dengan Trump dalam upaya untuk meredakan kebuntuan terkait program senjata nuklir Pyongyang. Sedangkan para pejabat di Seoul dan Washington mengatakan bahwa lokasi dan waktu puncak pertemuan tetap harus ditentukan.

Para pengamat dan analis telah memperdebatkan pro dan kontra terkait kemungkinan lokasi yang disepakti menjadi tuan rumah pertemuan pertama Trump dan Kim Jong-un.

Lokasi-lokasi yang jadi prediksi para analis itu mulai dari Pyongyang, Joint Security Area (JSA) di perbatasan kedua Korea, negara netral di Asia, Eropa hingga Ibu Kota AS; Washington.

Berikut beberapa lokasi yang diprediksi jadi tempat bertemunya kedua pemimpin yang sebelumnya berseteru ini, sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (13/3/2018);

1. Joint Security Area (JSA) Panmunjom
Salah satu situs yang paling mungkin dibahas adalah Joint Security Area (JSA) atau Area Keamanan Bersama di Panmunjom. Lokasi ini berada di bawah Garis Demarkasi Militer antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Ini adalah satu-satunya tempat di sepanjang Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga ketat. Wilayah tersebut menjadi lokasi tatap muka tentara kedua Korea serta pasukan dari PBB.

”Tempat-tempat seperti Swiss, Swedia atau Pulau Jeju telah mendapat banyak perhatian, tapi kami juga menganggap JSA sebagai pilihan yang serius,” kata seorang pejabat kantor presiden Korea Selatan atau Blue House.

Beberapa orang skeptis melihat JSA sebagai lokasi karena menjadi simbol Perang Korea dan tempat melanjutkan ketegangan, bukan tempat untuk kesepakatan damai.

Namun, tempat itu juga memungkinkan Kim dan Trump bertemu tanpa melakukan perjalanan jauh dari salah satu dari pasukan keamanan mereka masing-masing atau terlihat berkerumun di ibu kota “musuh”.

Kim Jong-un dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di JSA pada bulan April untuk pertemuan puncak pertama mereka. Para pejabat Korea Selatan melihatnya sebagai pesaing utama untuk sebuah pertemuan puncak Trump dan Kim Jong-un.

”Jika Korea Utara dan AS yang merupakan pihak yang terlibat langsung dalam kesepakatan gencatan senjata, mengadakan pertemuan puncak di Panmunjom, akan memiliki arti penting untuk mengubah simbol perpecahan menjadi satu perdamaian,” kata pejabat Blue House yang berbicara dalam kondisi anonim.

2. Pulau Jeju
Tempat lain di Korea Selatan yang telah diprediksi sebagai pilihan adalah Pulau Jeju yang indah, di lepas pantai selatan. Pulau ini mudah diakses oleh kapal atau pesawat terbang dari semenanjung Korea.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak